You are here
Home > Pojok UMKM > Sirup Lidah Buaya Kreasi Iwan

Sirup Lidah Buaya Kreasi Iwan

Sirup Lidah Buaya Kreasi IwanSampai kini orang mengetahui lidah buaya untuk tanaman yang dapat dipakai untuk penyubur rambut, penyembuh luka, serta perawatan kulit. Walau demikian, bersamaan semakin berkembangnya tehnologi, lidah buaya nyatanya dapat diolah juga untuk bahan baku obat (farmasi), kosmetik, serta bahan makanan/minuman. Untuk point paling akhir (makanan/minuman), lidah buaya diakui mempunyai kandungan zat-zat yang dibutuhkan badan, seperti asam amino, mineral, vitamin, serta beragam komponen yang lain.

Fakta itu memancing sebagian pihak untuk mengembangkannya jadi suatu kesempatan usaha yang menjanjikan. Seperti yang dikerjakan oleh Setiawan (38), yang waktu ini memproses lidah buaya jadi sirup yg tidak cuma enak dikonsumsi, namun juga mempunyai manfaat kesehatan. Apa yang dikerjakan sarjana tehnologi pertanian itu untuk beberapa orang barangkali terdengar aneh. Lantaran penduduk belum demikian familiar atau juga tidak paham bila lidah buaya nyatanya dapat dikonsumsi, baik untuk olahan makanan maupun minuman.

Sirup Aloe VeraInspirasi Usaha Didapat Dari Program KKN

Semula Pak Iwan meniti usaha yang mengusung brand Aloe Vera itu dilakoninya saat menggerakkan program KKN di Cilacap, Jawa Tengah. Waktu itu, Pak Iwan membuat pengolahan lidah buaya untuk satu diantara program grup KKNnya sesudah membaca info di suatu surat berita lokal terbitan Jawa Tengah. “Di satu diantara info yang di sajikan berisi berita bila lidah buaya tak hanya dapat di buat shampoo, nyatanya juga dapat dikonsumsi, ” ungkap Pak Iwan waktu didapati tim liputan bisnisUKM di tempat tinggalnya Gamping Sleman.

Alhasil, untuk seseorang mahasiswa perguruan tinggi swasta di Jogja saat itu, timbul rasa penasaran dari Pak Iwan untuk menghimpun info sebanyak-banyaknya perihal pengolahan lidah buaya. Serangkaian uji coba juga dilakoni Pak Iwan untuk memperoleh hasil olahan lidah buaya yang dapat di terima penduduk. “Adapun sebagai product olahan pertama waktu itu yaitu koktail lidah buaya, yang lalu saya gunakan satu diantara program KKN untuk kursus ibu-ibu PKK di daerah itu, ” terangnya.

Program kerja KKN itu nyatanya memperoleh animo dari pihak universitas lantaran dikira untuk suatu terobosan yang menarik. “Kami juga diberikan peluang untuk presentasi ke kopertis V untuk mengenalkan product itu, serta mereka berikan tanggapan positif, ” lanjutnya. Tak hingga di situ saja, sebagian pihak terhitung NGO lalu mendukung Pak Iwan serta kawan-kawannya untuk meningkatkan inovasi olahan itu ke daerah Kupang NTT.

“Di sana (Kupang) lidah buaya cuma dikira untuk tanaman terbuang, walau sebenarnya ketersediannya cukup melimpah, terlebih yang ada di pinggiran pantai, ” tambah bapak satu orang putra itu. Alhasil sepanjang sekian waktu, Pak Iwan coba berikan edukasi pada penduduk setempat tentang lidah buaya yang dapat dikonsumsi serta diolah jadi bermacam olahan. “Saat itu belum ada niatan dari kami untuk mengkomersilkan product ini, serta murni mau berikan penambahan pengetahuan pada penduduk, ” jelasnya lagi.

Mulai Serius Meniti Usaha Sirup Lidah Buaya

Niatan untuk mengkomersilkan olahan lidah buaya (terlebih sirup) mulai dikerjakan pria asli Kudus itu sesudah kembali ke Jawa. Saat itu, sebagian rekanan timnya mengambil keputusan untuk mengambil jalur sendiri dengan bekerja ditempat lain. Hingga, untuk pencetus inspirasi dalam pengolahan product itu, Pak Iwan merasa sayang bila mesti ikut-ikutan meninggalkan proyek briliannya itu.

Dengan modal seadanya, Pak Iwan mulai menggerakkan niatannya itu dengan mengurus segi legalitasnya, seperti P-IRT. Berbekal legalitas dari dinas berkenaan, Pak Iwan membulatkan tekad untuk tawarkan product sirup lidah buaya ke penduduk, yaitu melewati toko oleh-oleh serta supermarket. “Hasilnya dapat ditebak, banyak dari mereka yg tidak akan dengan product saya, namun saat label tak saya sertakan serta mereka saya suruh mencicipi, mereka katakan itu enak, hingga tak ada argumen untuk saya untuk mundur, ” terangnya sambil tersenyum.

Sistem edukasi ke penduduk terlebih dalam mengenalkan produknya jadi hambatan awal yang dihadapi Pak Iwan saat itu. Tetapi, dengan ketekunan yang dia lakukan, makin lama penduduk mulai dapat terima, terutama tak hanya enak, sirup lidah buaya juga memiliki kandungan zat-zat yang berperan untuk kesehatan badan.

Informasi Produk

Sirup Lidah BuayaSirup lidah buaya kreasi Pak Iwan di produksi dengan system manual. Dengan bahan baku dari daerah Purworejo serta Wonosari, Pak Iwan dalam satu hari waktu ini dapat menghasilkan sampai 50 kg bahan baku (lidah buaya). “Tidak ada yang susah, bahan bakunya gampang didapat, murah, serta bebas hama ; sesaat botol yang kami pakai juga dapat didapat dengan gampang di lebih kurang kita, ” jelasnya.

Saat ini ada dua paket product sirup yang di produksi Pak Iwan, yaitu memakai botol serta cup (instan). “Untuk cup rencananya sekali minum, sesaat untuk sirup (dalam botol) pemanfaatannya seperti sirup biasanya, ” lanjutnya. Dalam berproduksi, dirinya dibantu oleh tenaga produksi yang datang dari lingkungan area tinggalnya dengan cara freelance.

Dengan saat expired yang meraih 10 bln, Pak Iwan mengakui bila produknya saat ini telah beredar di seputaran Jogja, Magelang, Semarang, Jepara, Kudus, Pati, Kalimantan, serta Papua. “Tidak ada persoalan dalam sistem distribusi sampai ke beragam lokasi itu, lantaran selama ini kita juga bekerja bersama dengan travel, ” paparnya.

Untuk pemasaran, beberapa product sirup lidah buaya itu di pasarkan di tempat-tempat wisata serta toko oleh-oleh. “Dalam sistem itu, kami mau mengenalkan bahwasanya sirup ini adalah product khas Kabupaten Sleman, maka dari itu dalam tiap-tiap kemasannya kami juga memakai mendong untuk pelengkap, ” jelas Pak Iwan.

Diakhir wawancaranya, Pak Iwan mengharapkan usahanya itu dapat lebih berkembang lagi dengan jangkauan pemasaran yang makin luas. Di samping itu, dirinya juga mau beberapa petani dapat meningkatkan/menanam lidah buaya. Hal begitu tak lain lantaran potensi yang akan datang, lidah buaya dapat jadi satu diantara tanaman yang banyak diperlukan orang, terlebih sesudah beberapa orang tahu bila lidah buaya dapat dikonsumsi.

Sumber: binisukm.com

Banyak dicari:

sirup lidah buaya, cara membuat sirup lidah buaya, lidah buaya, alamat pembuat sirup lidah buaya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top