You are here
Home > Pojok UMKM > Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan

Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan

gerabah kasonganKasongan adalah sentra industri kerajinan gerabah paling popular di Yogyakarta. Untuk daerah industri, hampir beberapa besar warganya menggantungkan hidup dengan menghasilkan kerajinan gerabah. Maka tak heran bila lokasi yang dari dahulu di kenal untuk pemukiman beberapa kundi (pembuat kendi, kuali, dan lain-lain) itu jadi satu diantara tujuan wisata unggulan yang dapat menyedot beberapa wisatawan domestik serta mancanegara.

Hampir di tiap-tiap pojok lokasi Kasongan didapati beberapa pengrajin gerabah dengan beragam jenis kreasi produknya, seperti perabot rumah tangga, accessories, souvenir, dan lain-lain. Jalan-jalan di lokasi Kasongan juga dijejali galeri/workshop dari beberapa pengrajin untuk area pajang atau area pamer kreasi-kreasinya. Bila tertarik untuk lihat segera sistem produksinya, beberapa pengunjung dapat dengan gampang blusukan ke rumah-rumah beberapa pengrajin yang ada di perkampungan lokasi Kasongan.

Kerajinan Gerabah yang Punya Potensi Ekspor

Seperti yang belum lama ini tim liputan bisnisUKM kerjakan, yaitu blusukan serta menjumpai salah seseorang pengrajin gerabah Kasongan yang sempat terima penghargaan dari Departemen Perdagangan Republik Indonesia untuk kelompok ‘Kerajinan Punya potensi Ekspor’. Yaitu Pak Narto, yang dapat meningkatkan kerajinan gerabah asli Kasongan dengan sentuhan inovasi moderen.

“Saya menjalankan usaha ini dari th 2001 dengan nama Faalih Nature Craft, untuk kreasi yang kami produksi yaitu kerajinan tangan dengan bahan baku tanah liat/keramik, ” kata Pak Narto di tempat tinggalnya. Tinggal di lokasi yang memanglah di kenal untuk sentranya industri gerabah bikin Pak Narto memiliki kesempatan untuk menggali pengetahuan dan meningkatkan suatu usaha berbasis kerajinan tanah liat.

‘Kepuasan customer yaitu kepuasan kami juga’ jadi motto yang diusung Pak Narto dalam meningkatkan Faalih Nature Craft. Beliau sadar dengan hampir seluruh warga Kasongan menekuni bidang sejenis maka service atau service jadi point utama kunci berhasil usahanya. “Untuk memperoleh kepuasan customer maka kami selalu memprioritaskan service optimal, seperti disiplin saat produksi, dan  mutu barang paling baik,” paparnya.

Sesaat untuk memperkenalkan produknya pada penduduk, Pak Narto mempersiapkan catalog yang menginformasikan semua kreasi produknya. “Kami benar-benar terbuka untuk beberapa customer untuk berbagi berkenaan product yang di idamkan, malah dengan sama-sama berkomunikasi, maka seperti apa  serta bagaimana product yang mereka kehendaki dapat dengan gampang kami terapkan,” jelas Pak Narto.

Informasi Product Faalih Nature Craft

Faalih Nature Craft meningkatkan kerajinan untuk accessories rumah (home pottery decoration), seperti meja kusris, guci/vase/pot, area payung, lampu, souvenir, dan lain-lain. “Yang lalu jadi ciri khas product kami yaitu pewarnaan motif serat kayu, garis-garis horizontal/vertical dengan gradasi warna cokelat gabungan gelap serta jelas, ” jelasnya. motif itu pulalah yang mengantarkan Pak Narto mencapai penghargaan dalam kelompok Kerajinan Punya potensi Ekspor ‘Prima Kriyatama’ th. 2007.

“Sejak ada penghargaan itu, product kami mulai dilirik konsumen dari dalam ataupun luar negeri, seperti Jambi, Riau, Lampung, Jakarta, Surabaya, dan Malaysia, Italia, Chile, serta Australia, ” imbuhnya. Juga untuk mendukung pasar luar negeri, waktu ini Pak Narto membekali timnya dengan penguasaan bhs Inggris serta IT untuk fasilitas promosi serta komunikasi dengan konsumen.

Sumber: bisnisukm.com

Banyak dicari:

gerabah, Pengrajin gerabah, sentra gerabah kasongan, macam macam gerabah, kasongan produk

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top