You are here
Home > Kisah Sukses > Prof Dr M. Suyanto, MM Sukses Merangkak dari Bawah

Prof Dr M. Suyanto, MM Sukses Merangkak dari Bawah

Sukses dari BawahProf Dr M. Suyanto, MM, pendidik sekalian pengusaha sejati. Dalam beberapa hal, pendiri sekalian Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) Amikom Yogyakarta itu, jadi lebih menyukai mengidentifikasi diri sbg wirausahawan. Baginya, sebagus apapun suatu product, bila tidak dapat dijual, condong percuma.

Karenanya, STMIK Amikom Yogyakarta yg didirikan pada 1984, dari awal mengajarkan mahasiswanya melakukan bisnis. Mahasiswanya di ajarkan e-commerce serta e- business. Suyanto terjun segera mengajar.

Sbg pengajar manajemen informatika, sekalian pencetak wirausahawan, Suyanto penuhi semua kwalifikasi. Pria kelahiran Madiun, 20 Februari 1960 ini, mengawali seluruhnya dari bawah. Ia terlahir dari keluarga kurang dapat. Dari kecil ia ikuti sang nenek, supaya dapat bersekolah. Saat SMA dengan berat hati ia terpaksa berpisah dengan nenek tercinta, ikuti pamannya untuk penuhi hasrat bersekolahnya.

Keterbatasan ekonomi orangtuanya yang disebut petani yg bersahaja tdk membuatnya jadi pesimis. Punya kebiasaan menumpang dirumah kerabat, Suyanto tahu diri. Dari kecil ia mengasah kemandiriannya. Ia berdagang layangan, hingga tutorial pelajaran, supaya dapat memegang duit sendiri. Sikap Mandiri itu, berlanjut, hingga jadi satu diantara pendiri instansi pelatihan di Indonesia, Primagama.

Jadi, 11 Oktober 1994, Suyanto memelopori pendirian STMIK Amikom Yogyakarta, dengan cost pas-pasan. Demikian terbatasnya keuangannya, rumah kontrakan untuk gedung perkuliahan baru terbayar sesudah perguruan tinggi swasta itu sebagian bln. berdiri.

Karenanya, seperti diambil dari Detik, sesudah berhasil, tidak hentinya Prof Suyanto mensyukuri tiap-tiap nikmat rejeki serta kesuksesan bisnisnya. Sbg ungkapan rasa sukur atas karunia Allah, ia menuangkan cerita hidupnya dalam buku ” Smart In Entrepreneurship : Small Is Powerful : Belajar dari Kiat Entrepreneur Kecil “.

Dalam buku inspiratif itu, Suyanto melukiskan bagaimana perusahaan atau orang kecil itu bisa bertahan serta juga jadi mengagumkan. S1 dari FMIPA Fisika Kampus Gadjah Mada Yogyakarta 1987 itu mengatakan, ” Seluruh perusahaan top dunia awalannya dari perusahaan kecil, atau merangkak dari bawah. “

Kunci utamanya, kata pemegang PhD Management (USA, 1998) serta Program Doktor (S3) Pengetahuan Ekonomi, Kampus Airlangga Surabaya 2007 itu, kiat perusahaan kecil jadi besar tersebut yg butuh dipelajari. Dengan demikian dapat jadi suri tauladan untuk kesuksesan selanjutnya.

Suyanto menyampaikan, banyak cerita beberapa orang berhasil berawal dari mimpi. Karenanya, suami Anisah Aini ini, merekomendasikan siapa juga yg pingin berhasil, janganlah takut punya mimpi. Janganlah takut bercita-cita besar, sekali juga belum tahu mesti dari tempat mana mengawali mewujudkannya.

Dalam melakukan bisnis, mesti berlatih memikirkan serta melakukan tindakan efisien, menyikapi kegagalan sbg pelajaran hidup artinya. Tiap-tiap orang mesti dapat merubah kerugian jadi keuntungan, seraya temukan 30 pintu Tuhan dalam usaha. ” Bukan sekedar berhasil didunia, namun usaha kita juga mesti berhasil diakhirat. “

Saat UGM, almamaternya buka program D3 Tehnologi Info, Suyanto tidak cemas. Ia tidak gentar hadirnya instansi dibawah naungan UGM itu merubah PTS yg didirikan serta dikelolanya. Sbg pengusaha, kata bapak dua anak ini, yg terutama mesti positive thinking, tak hanya optimistis. ” Dalam pengusaha, yg terutama yaitu kita mesti dapat positive thinking serta optimis.

Saat UGM mulai buka program D3 Tehnologi Info, yg saya kerjakan yaitu memikirkan positif. Saya tdk merasa takut berkompetisi, malah saya bersukur dengan UGM buka program Tehnologi Info, maka beberapa orang bakal makin mengetahui makna pentingnya Tehnologi Info yg pada mulanya belum banyak diminati “, tutur pria kelahiran Madiun, 20 Februari 1960 ini.

Hadirnya program D3 Tehnologi Info UGM itu, justeru disyukurinya. Lantaran, dengan demikian dapat mempercepat pemahaman penduduk perihal pentingnya tehnologi info. Itu berarti, beberapa orang bakal lebih mengetahui makna pentingnya TI yg pada mulanya belum banyak diminati.

Dengan style kepemimpinan ramah, pembawaan tenang, Suyanto memperoleh area sendiri di hati beberapa mahasiswanya. Tak hanya lantaran berpenampilan smart serta enak di ajak mengobrol, rata-rata mahasiswa mengidolakannya, lantaran ia tidak melindungi jarak.

Sehari-hari, Suyanto dapat tampak bak teman dekat, atau rekan terlibat perbincangan. Ia dapat ada, menegur serta mengobrol ramai dengan sekumpulan mahasiswa di Universitas Ungu itu. Karenanya, dengan gampang ia menginspirasi mahasiswa supaya selalu belajar giat, dibarengi kerja keras, untuk mencetak prestasi.

Perjuangan serta kegigihan Prof Suyanto menghasilkan hasil, oleh karenanya pada th. 2009, Amikom jadikan perumpamaan oleh UNESCO sbg Perguruan Tinggi Swasta Dunia Jenis Private Pengusaha serta berkali beberapa alumni serta dosen institusi kepunyaannya memperoleh penghargaan, salah satunya Techscape Anniversary Situs Contest 2004 for Website Gratisan. com serta juga Oto Situs Contest Sumitomo Corporation 2006, 2 penghargaan dari Asia Pacific Economic Cooperation Digital Opportunity Center sbg The Best E-Practice, 2 penghargaan Merit dari Indonesia ICT Award yg selanjutnya mewakili Indonesia pada Asia Pacific Information and Communication Technology di Macau.

Pada 2008, juara pertama riset terintegrasi bidang ICT Depkominfo, Runner Up riset LIPI, pemenang 100 Inovasi Top Indonesia, finalis TELKOM SMART Campus serta Nominasi Urbanimation International Festival. Menuai hasi yg mengagumkan, pada 2009 dengan penghargaan Platinum (juara pertama) serta penghargaan Digitalpreneur Incubation dalam TELKOM SMART Campus, pemenang Indonesia ICT Award untuk student project serta pemenang Merit untuk film animasi dan dua nominasi bidang Research and Development serta Open Source yg selanjutnya mewakili Indonesia kembali untuk bertarung di Australia.

Beberapa besar prestasi dimuat di beragam media cetak ataupun elektronik, baik lokal ataupun nasional serta terhitung pemberitaan on-line. Tersebut satu diantara kiat perguruan tinggi kecil untuk melambungkan citranya.

Sumber : eciputra. com

Banyak dicari:

alur cerita pengusaha sukses dalam bidang sabut kelapa yang merangkak dari nol, an suyanto pengusaha, cerita sukses suyanto, kajian wirausahawan sukses yang merangkak dari bawah apa resep mereka, kata kesuksesan merangkah dari bawah, Kisah suyanto menjadi sukses, pendiri Universitas Amikom Yogyakarta M Suyanto, sukses yang merangkak dari bawah

Tinggalkan Balasan

Top