You are here
Home > Pojok UMKM > Produksi Jamu Godhog Yogyakarta Tembus Eksport

Produksi Jamu Godhog Yogyakarta Tembus Eksport

Produksi Jamu Godhog Yogyakarta Tembus EksportIndonesia dengan kekayaan sumber alam hayatinya mempunyai sekitar 30.000 spesies tanaman herbal dari 40.000 jumlah total yang ada di dunia. Sesudah Brazil serta Zaire, Indonesia tempati urutan ketiga untuk negara yang mempunyai spesies tanaman herbal paling banyak di dunia.

Tetapi hal semacam ini tidak lalu bikin Indonesia jadi pemasok tanaman herbal dalam jumlah besar di kancah dunia. Kita seringkali mendengar nama negara Cina yang populer dengan racikan obat-obatan herbalnya. Juga di Indonesia sendiri, beberapa toko obat Cina juga gampang didapati di beragam kota serta jadi alternatif penduduk dalam beli obat-obatan herbal.

Merapi Farma Herbal

Gerakan penduduk untuk memakai beberapa bahan alami (back to nature), bikin tanaman herbal dilirik untuk obat alternatif daripada menggunakaan obat kimia yang mempunyai dampak samping. Satu di antara Industri Kecil Obat Tradisional di Yogyakarta yang berkelanjutan melestarikan tanaman herbal yaitu Merapi Farma Herbal. Tak hanya menghasilkan jamu godhog, Merapi Farma Herbal juga mengupayakan pembibitan serta budidaya tanaman herbal. Inilah yang juga bikin Merapi Farma Herbal di kenal penduduk Yogyakarta untuk satu diantara wisata agro yang ada di lokasi Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Di kebun Agrowisata Merapi Farma Herbal yang mempunyai lebih dari 200 tanaman herbal ini, beberapa wisatawan bakal memperoleh pengetahuan perihal tanaman herbal. Sembari berwisata alam, beberapa pengunjung dapat juga nikmati kesegaran jamu godhog khas lereng Merapi. Beberapa pemandu yang memiliki pengalaman juga telah disediakan oleh pihak agrowisata untuk melayani beberapa wisatawan yang berkeinginan mengetahui lebih jauh perihal tanaman herbal.

Beberapa produk dari Merapi Farma Herbal sudah di pasarkan ke penduduk luas. Sistem yang dipakai dalam pasarkan product jamu herbal ini yaitu dengan waralaba (kemitraan). Untuk lebih memasyarkatkan jamu godhog, owner (pelku usaha) Merapi Farma Herbal membuka cabang warung jamu di sebagian area di Indonesia. Tetapi, ketertarikan penduduk pada jamu godhog yang saat ini tak terlampau tinggi, ini membuatnya sekarang lebih konsentrasi pada pengolahan rempah untuk jejamuan.

Merapi Farma Herbal yang dapat bikin 19 jenis jamu racikan umum, 9 jamu instan, 400 tipe racikan spesial sudah pasarkan produknya ke semua lokasi di Indonesia. Bukan sekedar itu, product jamu dari industri ini juga telah merambah pasar Amerika serta Malaysia untuk obat tradisional khas Yogyakarta. Harga jual jamu khas lereng Merapi ini beragam dari Rp 5.000 sampai Rp 40.000 bergantung tipe jamu yang diambil.

Bukan sekedar jamu godhog siap minum, Merapi Farma herbal juga sediakan jamu dalam paket yang siap dibawa pulang untuk oleh-oleh. Pengunjung bisa beli racikan jamu asam urat, jamu untuk darah tinggi, jamu untuk kolesterol, atau racikan jamu godhog yang lain. Untuk pengunjung yg tidak tahan rasakan pahitnya jamu godhog, disiapkan juga jamu instan seperti kunir asem, kunir putih, jahe merah, serta ada banyak lagi. Bila berwisata ke Yogyakarta, tak ada salahnya bertandang ke Agrowisata Merapi Farma Herbal sambil mencicipi jamu godhog khas lereng Merapi.

Banyak dicari:

industri jamu rumahan di jogja, usaha kecil obat tradisional di jogjakarta

One thought on “Produksi Jamu Godhog Yogyakarta Tembus Eksport

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top