You are here
Home > Kisah Sukses > Produk Kerajinan Indonesia Diminati di Bulgaria

Produk Kerajinan Indonesia Diminati di Bulgaria

Produk Kerajinan IndonesiaIndonesia yg diwakili KBRI Sofia berperan serta dalam pameran kerajinan tangan yg berjalan di gedung pameran kota Oreshak, Troyan, Bulgaria, dari tanggal 1 sampai 5 Mei 2013.

” Keikutsertaan KBRI Sofia dalam pameran kerajinan di Kota Troyan dalam rencana usaha mempromosikan beragam product kerajinan Indonesia di Bulgaria, ” kata Manfaat Politik serta Ekonomi KBRI Sofia, Pranowo pada Pada London, Kamis.

Pada pameran kerajinan tangan yg ke-27 yg di buka Walikota Troyan, Donka Mihaylova bertempat di Gedung Pameran Municipality Oreshak itu juga tampak pertunjukan tari Indonesia.

Pranowo menyampaikan pada pameran itu stand Indonesia menampilkan ukiran serta patung kayu dari Bali, baju daerah, tenun ikat dan batik, barong, serta kerajinan tangan berbentuk asesoris. Pameran itu juga digunakan untuk membagikan brosur tentang pariwisata Indonesia.

Menurut Pranowo, pameran kerajinan itu adalah pameran internasional tahunan yg pernah terhenti sepanjang 25 th. serta diawali kembali pada th. 2013.

” Pada Pameran di th. 1988, Indonesia jadi satu diantara peserta dari 25 negara yg berperan serta, ” katanya.

Sesaat stand negara lain menampilkan beragam tipe seni keramik, pakaian tradisional, kerajinan tangan, lukisan, serta kain tenun tradisional.

Walikota Troyan, Donka Mihaylova menyampaikan keikutsertaan sebagian negara asing itu ditujukan untuk mengenalkan karya seni negara-negara lain pada seniman Troyan.

Dikatakannya kota Troyan yg di kenal dengan kerajinan keramiknya memiliki pengalaman sepanjang 200 th. di bagian ini. ” Kota ini mempunyai pusat kursus spesial untuk seni keramik, ” katanya.

Tak hanya Indonesia negara peserta yang lain yg ikuti pameran kerajinan di gedung yg sama datang dari Jepang, Cina, Palestina, Yunani, Perancis, Korea Utara, serta Bulgaria.

Stand Indonesia yg ada di lantai satu gedung pameran itu juga dimeriahkan dengan pertunjukan musik kulintang yg ditampilkan keluarga KBRI Sofia dan menampilkan pertunjukkan tari yg dibawakan oleh Grup Tari KBRI Sofia.

Alunan musik kulintang membawakan lagu tradisional Tumbalalaika dari Bulagria menyongsong kehadiran Walikota Troyan, Donka Mihaylova, serta sebagian Duta Besar negara asing ke stand Indonesia.

Alunan musik kulintang menarik perhatian beberapa pengunjung pameran untuk mendatangi stand Indonesia serta berupaya untuk menjajal alat musik yg datang dari daerah Sulawesi.

Kota Troyan terdapat lebih kurang 2, 5 jam dari kota Sofia berpenduduk lebih kurang 25. 000 di kenal dengan wisata ecoturism, sumber air panas untuk kesehatan serta wisata agama karenanya ada monestery.

Product keramik serta mebel kayu kota Troyan banyak diekspor ke negara-negara tetangga.

Pameran kerajinan sukses menarik perhatian pengunjung yg ditata dengan apik dengan karya-karya seni bernilai tinggi.

Berdasarkan penjelasan Direktur Kebudayaan kota Troyan, Chakarov, pameran itu diselengarakan dengan dana swadaya.

Ditambahkan bahwasanya municipality Troyan mengharapkan di th. yang akan datang aktivitas bisa diadakan dengan pertolongan dana dari Uni Eropa.

Dengan pertolongan dana itu diinginkan Mncipality Troyan bisa menghadirkan pengrajin ukiran kayu dari Indonesia.

Menurut Pranowo, kelebihan kota Troyan di bagian kerajinan keramik serta kayu adalah satu diantara potensi hubungan kerja Indonesia – Bulgaria yg butuh di kembangkan.

Sumber : http :// www. eciputra. com

Banyak dicari:

produk kerajinan indonesia

Tinggalkan Balasan

Top