You are here
Home > Kisah Sukses > Peluang Usaha Modifikas MOGE (Motor gede)

Peluang Usaha Modifikas MOGE (Motor gede)

Modifikas MOGETidak sedikit orang sebagaikan motor sbg pola hidup. Mereka juga rajin mendandani kendaraan yang paling disayanginya. Maka dari itu, layanan modifikator banyak di cari. Modifikasi motor cukup bermacam, dimulai dari yg mudah, seperti ganti spion motor atau jok motor, sampai yg ekstrem, seperti chopper (wujud badan motor).

Chooper spesial dikerjakan untuk motor gede (moge). Arti ini datang dari Amerika Serikat, negara asal Harley Davidson, satu diantara merk moge yg popular.

Salah seorang modifikator moge di Yogyakarta, Lulut Puspo Wibowo menyebutkan, modifikasi chopper pertama kali dikerjakan beberapa veteran Perang Dunia II di AS. Saat itu, beberapa veteran yg baru kembali dari medan perang menyukai bertualang dengan moge.

Tetapi, moge asli AS, Harley Davidson benar-benar bongsor serta berat. Selanjutnya, nampak inspirasi memodifikasi memotong bagian-bagian motor agar lebih ramping, yg di kenal dengan custom chopper.

Lalu, modifikasi chopper di kenal di Indonesia pada medio 1970-an. Waktu itu, telah beberapa orang Indonesia yg sekolah di Amerika serta mengikuti hobi memodifikasi moge. Satu tahun lebih belakangan, chopper kembali jadi trend.

Lulut yg telah terjun di usaha modifikasi chopper dari 2002, tidak cuma pakar memodifikasi moge, namun dapat membuat design chopper dimulai dari 0. ” Umumnya orang datang ke bengkel saya lantaran pingin sesuaikan motor dengan postur tubuh. Soalnya moge seperti Harley Davidson di buat untuk postur tubuh bule yg besar serta tinggi, ” papar yang memiliki Retro Classic Cycles ini.

Modifikator chopper asal Bandung, Guffron Halim mengaku, ia perlu saat lebih kurang 2-3 bln. untuk lakukan modifikasi type ini. Lama saat ini juga bergantung pada kesiapan partisi serta tingkat kesulitannya. Ia sendiri mengaku dibantu tiga tenaga teknisi hingga dapat merampungkan dua modifikasi dalam 1bulan.

” Sebenarnya keinginan banyak, namun lantaran pelaksanaan perlu saat, jadi mesti waiting daftar, ” papar yang memiliki Guffrons Salvage Engine ini.

Pria kelahiran Surabaya, 37 th. silam ini telah suka modifikasi motor dari SMA. Ia dulu berguru modifikasi ke beragam negara, seperti Inggris serta Amerika. Sepanjang disana, ia mengaku sering terima order dari temannya.

Dari pengalaman itu Guffron berani membangun bengkel sendiri pada 2008 dengan spesialisasi motor full tank.

Sparepart Impor

Guffron memakai semua sparepart asli yg diimpor dari luar negeri. Umumnya yaitu sparepart Harley Davidson original impor dari Amerika. Tidak heran, cost modifikasi chopper mahal.

Ia membanderol tarif modifikasi satu motor berkisar Rp 100 juta – Rp 125 juta. Bila, dalam 1 bulan memodifikasi dua motor, ia dapat mengantongi omzet Rp 200 juta sampai Rp 250 juta 1 bulan.

Sesaat, Lulut menarik bayaran dimulai dari Rp 15 juta untuk layanan modifikasi, serta Rp 150 juta untuk merakit custom chopper dari 0. ” Juga, saya dulu merakit moge dengan spare part serba premium, tarifnya Rp 700 juta, ” klaim Lulut. Setiap bln., ia dapat memodifikasi dua chopper, dengan omzet lebih kurang Rp 350 juta.

Hal terutama dalam modifikasi chopper yaitu menjaga keseimbangan serta frame motor. ” Yang pasti bila akan buat, janganlah asal ngelas-ngelas saja, kita perlu blue print agar motor seimbang serta nyaman dikendarai, ” ungkap Guffron.

Ia tidak menyangkal, terkadang ada builder chopper yg tidak mempertimbangkan masalah keseimbangan, serta memprioritaskan penampilan luar. Karena hasil kerja Guffron rapi, namanya cukup popular didunia modifikasi. Tak hanya dari Bandung, ia juga melayani klien dari Jakarta, Bali, Surabaya, serta Kalimantan.

Saat memodifikasi, ia rajin ikuti trend modifikasi. ” Saat ini ini tengah trend Jap’s style, bobbers serta booming yg berkiblat ke modifikasi Jepang, ” terang Guffron. Bila klien tdk mempunyai inspirasi modifikasi, ia tidak segan berikan rekomendasi yg di rasa pas.

Pemain lain, Agus Subagyo mengaku, tidak cuma dapat memodifikasi chopper dari motor gede. Ia dapat bikin chopper dari motor type apa pun. ” Sampai kini sama dengan Harley, jadi harga nya mahal. Namun, saya dapat modifikasi dari beberapa macam motor dengan sparepart yg ada di Indonesia, hingga harga nya lebih murah, ” klaim yang memiliki Global Modifikasi Motor ini.

Untuk design, Agus membebaskan pelanggan mempunyai imajinasi sendiri perihal design yg ia kehendaki. ” Modifikasi chopper ini pekerjaan seni, bila persoalan mesin diserahkan pada mekanik, ” tuturnya.

Pria yg berdomisili di Cibinong ini dapat memodifikasi setang, tangki, rangka sampai total chopper. Tarifnya berkisar Rp 4 juta sampai Rp 28 juta. Ia membutuhkan saat 1bulan hingga dua bln. untuk modifikasi satu chopper.

Sumber : kontan. co. id

Banyak dicari:

cara membuat rangka motor harley, modif chopper murah, cara membuat rangka motor chopper, rangka motor harley, bikin rangka motor chopper, membuat rangka motor sendiri, https://umkmjogja com/peluang-usaha-modifikas-moge-motor-gede html, motor chopper murah, cara membuat rangka harley, jual rangka harley davidson, rangka motor chopper, jual rangka motor harley, rangka harley, rangka motor harley davidson, membuat rangka motor chopper, jual motor chopper murah, cara membuat motor chopper, harga rangka motor harley, jual rangka motor chopper, usaha bengkel moge

One thought on “Peluang Usaha Modifikas MOGE (Motor gede)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top