You are here
Home > Peluang Usaha > Peluang Usaha Kemitraan Bisnis Pesan-Antar Makanan

Peluang Usaha Kemitraan Bisnis Pesan-Antar Makanan

Peluang Usaha Kemitraan Bisnis Pesan-Antar MakananHujan deras dapat di pastikan bakal berbuntut kemacetan di kota besar. Juga, tiada diguyur hujan sekali juga, kota besar sering. Untuk pekerja kantor, hujan plus macet itu mengancam kelancaran jadwal. Masalah yang simpel, seperti makan siang bakal terganggu.

Nah, kerepotan sejenis itu diendus untuk kesempatan usaha oleh Michael Saputra, founder sekalian Chief Executive Officer (CEO) click-eat. com, suatu website situs service pesan-antar. Michael memperoleh inspirasi usaha itu saat terjerat dalam kondisi lapar, tetapi ada di dalam kota yang super macet.

Saat itu, Juli 2011, Michael berbarengan rekan-rekannya berkumpul di suatu apartemen di lokasi Jakarta Barat. Awal mulanya, mereka mau mencari masakan tak hanya makanan cepat saji. Tetapi, beberapa nama yang ada di daftar restoran yang dia pegang nyatanya mencantumkan beragam jenis prasyarat sebelum saat melayani pesan antar. Ada yang memberlakukan nilai order minimum sampai beberapa ratus ribu rupiah, ada yg tidak melayani pengantaran melalui sore hari. “Ujung-ujungnya, ya, kami pesan junk food, ”ujarnya.

Peristiwa itu mengusik pikiran Michael serta dua orang rekannya waktu itu, yaitu Andrew Pangestan, yang lalu jadi Chief Financial Officer (CFO) click-eat. com serta Willy Haryanto, Chief Technical Officer (CTO) click-eat. com. Kerepotan pesan makanan yang dapat diantar, pada akhirnya, berbuah kongsi usaha. Ketiga teman dekat itu, Januari 2012, membangun service pesan antar makanan dengan cara on-line melewati website click-eat. com.

Sebelum memulai menjalankan usaha layanan pesan-antar makanan, Michael serta tim menggelar survey. Memanglah, di beberapa negara pesan-antar makanan dengan cara on-line bukan hanya usaha baru. Juga di sebagian negara, pemain pemain service sejenis itu lebih dari satu. Diantara beragam pelaku itu, papar Michael, pasti ada yang bertaraf besar.

Nah, Michael mengamati, th itu, belum ada pelaku usaha yang terbilang besar dalam service sejenis itu di Indonesia, terutama Jakarta. Pada akhirnya Michael serta rekannya patungan serta terkumpul dana Rp 300 juta untuk modal awal usaha click-eat. com. Sesuai sama dengan ladang usaha yang diambil, yaitu usaha on-line, investasi paling besar Michael cs tersedot untuk bangun situs plus system untuk yang aktivitas usaha berbasis on-line.

Ada tiga modul system yang dirancang click-eat. com. Pertama, modul untuk customer pesan makanan. Ke-2, modul untuk tim internal dalam mengatur seluruhnya order. Ketiga, modul untuk mengatur operasional kurir. “Dahulu kami tetap idealis, jadi cuma melayani order melewati situs saja, ” tutur Michael.

Saat ini, click-eat. com juga melayani pemesanan melewati telephone serta e-mail, tak hanya situs. Tetapi nyaris 70% order waktu ini memanglah datang dari situs. “Order yang bernilai besar, berkisar Rp 1 juta–Rp 2 juta, umumnya datang melewati telephone, ” papar Michael.

Dalam jenis usaha click-eat. com, pendapatan mengalir dari customer, si konsumen sekalian resto. Click-eat. com menggandeng restoran sebagai mitranya dengan system bagi hasil. Adapun customer yang pesan makanan bakal terkena ongkos pengantaran Rp 19. 800 per order per restoran.

Waktu meniti usaha, Michael mengakui mesti ikhlas dengan porsi untuk hasil yang minim, yaitu 0% sampai 10%. “Saya menyanggupi untuk saat percobaan tiga bln. Bila akhirnya memuaskan, baru kami merencanakan meminta untuk hasil dinaikkan, ” papar Michael.

Ia bersedia nikmati persentase yang mini lantaran bila mitra click-eat. com terbatas, bermakna pilihan customer website itu juga minim. Mengakibatkan, layanan yang mereka menawarkan bakal susah berkembang.

Sesudah saat eksperimen usai, Michael meminta porsi untuk hasil sampai kisaran 15%–30%. Waktu mengawali usaha, click-eat. com menjalin kerja sama juga dengan 18 restoran. Sesudah nyaris dua th jalan, click-eat. com, saat ini menjalin hubungan kerja dengan 210 restoran, yang mempunyai keseluruhan 370 gerai.

Tantangan paling besar waktu meniti usaha ini untuk Michael yaitu memberikan keyakinan yang memiliki restoran yang umumnya telah berusia. “Susah menuturkan rencana usaha ini ke mereka. Bila pemiliknya lebih muda, umumnya memanglah lebih mudah, ” terang Michael.

Waktu memulai usaha click-eat. com, Michael hanya memakai 2 karyawan serta 5 orang kurir, yang beroperasi dari jam 09. 00–22. 00 WIB dalam 2 sif. Kurir yang bekerja di click-eat. com mesti mempunyai motor sendiri. Pihak click-eat. com cuma berikan seragam kurir serta tas yang tahan air serta tahan panas.

Segmen pasar yang dituju website ini yaitu pekerja kantoran serta ekspatriat. Waktu ini Michael tetap membatasi cakupan area service click-eat. com di Jakarta Selatan serta Jakarta Pusat, meliputi lokasi Thamrin, Bendungan Hilir, serta Kuningan.

Bila di th pertama beroperasi order yang masuk ke click-eat. com baru 80–90 order /hari, saat ini order sudah meraih 150 order /hari. Tidak heran bila waktu ini omzet click-eat. com dapat meraih Rp 700 juta per bln.

Bagi Hasil

Kesempatan serta potensi usaha layanan pesan antar makanan di Indonesia ini menggoda Rocket Internet. Pelaku bisnis e-commerce asal Jerman, yang pada mulanya berhasil dengan zalora. co. id serta lazada. co. id. Pada bln Februari 2012 Rocket Internet masuk ke usaha on-line layanan pesan-antar makanan dengan bendera foodpanda. co. id.

Rocket sudah menjalankan usaha ini memakai bendera foodpanda serta hellofood di 30 negara yang menyebar di Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika serta Eropa. Menurut Juan Chene, Managing Director foodpanda. co. id jenis usaha layanan pesan-antar makanan melewati situs telah lama ada di negara-negara Eropa, Amerika Serikat, serta Jepang.

Indonesia yang mempunyai jumlah masyarakat sejumlah 240 juta jiwa dikira untuk pasar dengan potensi yang mengundang selera. “Apalagi kota-kota makin macet serta beberapa orang semakin repot, layanan ini semakin diperlukan. ” terang Chene.

Sesudah ada di Jakarta, foofpanda. co. id merambah Bandung, pada pertengahan th 2012. Tujuan pasar mereka di Kota Kembang yaitu beberapa mahasiswa yang telah punya kebiasaan dengan e-commerce. Pada akhir 2012, foodpanda. co. id berekspansi ke Bali, menyasar segmen ekspatriat yang tengah liburan di Pulau Dewata.

Memanglah, foodpanda. co. id masih membatasi area cakupan di tiap-tiap kota. Ambillah misal di Jakarta serta sekitarnya. Foodpanda baru melayani lokasi Pusat serta Selatan Jakarta. Gagasan foodpanda. co. id, saat ini, memperluas cakupan servicenya ke Kelapa Gading di Utara dan lokasi Bintaro, Serpong serta Tangerang.

Foodpanda. co. id telah menjalin hubungan kerja dengan 400 restoran serta menggunakan system bagi hasil. Sedikit tidak sama dengan kompetitornya, click-eat. com, maka system yang diaplikasikan foodpanda. co. id ada dua jenis.

Pertama, kerja sama hanya penempatan order atau memperluas saluran pemasaran restoran. Jadi pesanan yang masuk melewati foodpanda bakal terus dilayani oleh tenaga pengantar dari restoran.

Ke-2, foodpanda. co. id sediakan service pengantaran untuk restoran-restoran yg tidak mempunyai tenaga sendiri. Waktu ini, 75% restoran yang bekerja sama juga dengan foodpanda. co. id menentukan system kerja sama channel pemasaran. Adapun 25% menentukan system kerja sama pengantaran. Armada pengantar foodpanda. co. id terbagi dalam 15 orang hingga 20 orang kurir, baik yang berkerja full time, part time ataupun outsource.

Untuk customer, foodpanda. co. id sediakan tiga alternatif untuk pesan, yaitu melewati situs, seluler berbasis system operasi Android, iOs, serta Windows.

Di th pertama beroperasi, Chene mengaku foodpanda. co. id belum tunjukkan sinyal tanda perkembangan. Baru di th keduanya, yaitu 2013, foodpanda. co. id nikmati perkembangan jumlah pelanggan. “Saat ini kami telah mempunyai beberapa ribu pelanggan setia, ” tutur Chene. Yang disebut Chene dengan pelanggan setia yaitu mereka yang lakukan pemesanan sejumlah 10 kali dalam satu minggu, atau pesan sejumlah 2 kali /hari. “Itu penyebab variasi menu dengan menjalin banyak mitra restoran benar-benar utama. Jadi, pelanggan leluasa menentukan serta tak cepat jemu. ” terang Juan Chene.

Pelanggan yang pesan makanan ke foodpanda. co. id bakal dikenai ongkos pengiriman Rp 15. 000 bila tenaga kurir dari foodpanda. co. id. Namun bila menggunakan kurir dari restoran yang dipesan, maka ongkos antar ikuti ketetapan resto.

Lazimnya perusahaan start up, baik click-eat. com ataupun foodpanda. co. id belum balik modal. Maklumlah, keduanya baru beroperasi dua th. “Usaha sejenis ini memerlukan saat untuk di kenal customer terlebih dulu, ” papar Michael. Baik Michael ataupun Chene mengaku, beberapa nama resto yang telah populer memegang fungsi untuk perubahan usaha ini.

Promosi dalam usaha ini pasti bertindak utama dalam mengedukasi customer. Michael tak hanya berpromosi melalui google, juga cetak brosur serta diberikan ke kantor, apartemen, perumahan, dan buka stan di beberapa acara yang diselenggarakan perusahaan.

Kiat pemasaran foodpanda. co. id tidak jauh tidak sama. Mereka berpromosi di internet seperti google, display banner, buka stan waktu acara perkantoran terhitung menjalin kerja sama pemasaran dengan bagian industri lain. Ambillah misal hubungan kerja yang di gelar foodpanda.co. id dengan Telkomsel. Sepanjang 11 November 2013 sampai 12 Desember 2013, foodpanda. co. id membagikan voucer potongan harga sejumlah Rp 30. 000 untuk pelanggan Telkomsel, yang mempunyai 1 poin reward.

Adapun click-eat. com tawarkan kerja sama promosi ke restoran yang bersedia berikan program spesial. Nama resto itu bakal diciptakan dalam brosur click-eat. com. Di samping itu, ada restoran yang cetak brosur menu serta mencantumkan click-eat. com untuk layanan pemesanan serta layanan pengantaran makanannya.

Layanan pesan-antar makanan, menurut Michael, dapat di kembangkan ke on demand logistic. Hal semacam ini sudah dirintis oleh Michael dengan sediakan layanan pengantaran pada restoran di seputar areanya yg tidak mempunyai tenaga kurir sendiri, namun juga tidak ingin bekerja bersama untuk mitra restoran.

Untuk restoran yang menggunakan layanan click-eat. com untuk pengantaran makanan ke pelanggannya dikenai tarif Rp 35. 000 sampai Rp 40. 000 per antaran. “Lebih praktis mereka membayar fee dari pada mengatur serta menggaji tenaga kurir sendiri, ” terang Michael.

Potensi serta kesempatan pasar untuk pemain baru, menurut Michael ataupun Chene, tetap terbuka lebar. Argumen mereka, kemacetan yang membelit Jakarta serta kota-kota besar lain bikin orang banyak bakal terasa keperluan service pesan-antar. Pasti, restoran juga nikmati kenaikan pendapatan karenanya ada layanan pesan antar makanan ini.

Menurut Michael, ada restoran yang lantaran menunya terbilang lain dari yang lain, serta tak tawarkan layanan pesan-antar, memperoleh banyak pesanan melewati click-eat. com. “Nama restonya Sate serta Tongseng Domba Tarzan, ” tutur Michael. Juga si yang memiliki restoran, tak menganggap pesanan yang masuk melewati on-line dapat melampaui perkiraan.

Apakah Anda tertarik menjajal usaha pesan antar makanan? Tekuni peta perkantoran sebagai tujuan pasar serta jumlah restoran yang dapat jadikan mitra. Persaingan usaha ini, menurut Michael ataupun Chene, saat ini tetap belum jadi. Baik Michael ataupun Chene, menyebutkan prospek berkembang tetap terbuka.

Banyak dicari:

usaha delivery makanan, usaha kurir makanan, usaha makanan pesan antar, Bisnis pesan antar, Peluang usaha makanan pesan antar, peluang usaha home delivery service, Peluang jasa antar, peluang bisnis delivery, memulai bisnis delivery order, cari mitra bisnis delivery, usaha pesan antar makanan

One thought on “Peluang Usaha Kemitraan Bisnis Pesan-Antar Makanan

  1. Usaha anda semakin berkembang ? Jangkauan pasar anda semakin luas ? Maksimalkan pencapaian target penjualan anda dengan layanan pesan antar yang lebih menarik dan ekslusif.

    Hubungi Kami:
    Kami menerima pembuatan berbagai macan bentuk dan model Box Motor Delivery / Box Pesan Antar
    berbahan fiberglass +62 813 2194 3199 / BBM : 74A12AC3

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top