You are here
Home > Peluang Usaha > Peluang Usaha Cuci Mobil Otomatis

Peluang Usaha Cuci Mobil Otomatis

Peluang Usaha Cuci Mobil OtomatisMobil bersih dalam waktu relatif cepat seringkali jadi pilihan yang memiliki mobil waktu mau membersihkan kendaraannya. Kesibukan jadi argumen utama untuk mereka yang mempunyai banyak aktivitas di kota-kota besar.

Keadaan inilah yang menyemarakkan usaha cuci mobil otomatis. Layanan ini umumnya ditangani dengan cuci mobil otomatis. Alhasil, kurang dari 10 menit waktu yang dibutuhkan untuk merontokkan kotoran-kotoran yang menempel di bodi kendaraan Anda. Mobil juga kembali bersih serta terlihat mengkilap.

Tidak heran, bersamaan meningkatnya populasi mobil, terlebih di kota-kota besar, layanan cuci cepat seperti ini semakin disukai. Terlebih, pola hidup perkotaan yang menuntut sistem yang serba praktis serta cepat.

William Tan, yang memiliki Permata Car Wash, juga lihat potensi dari layanan cuci mobil otomatis ini tetap benar-benar bagus. Keadaan inilah yang mendorongnya untuk buka cabang baru automatic car wash di lokasi Jakarta Selatan, th ini. “Saat ini, layanan cuci mobil seperti ini tengah trend serta diperlukan, ” tutur William yang terjun ke usaha ini dari empat th silam, di Serpong, Tangerang Selatan.

Seirama dengan William, Benny Kurniawan, yang memiliki Wijaya Motor di Depok, juga menjelaskan, potensi bisnis cuci mobil otomatis tetap menaruh kesempatan usaha yang besar. “Selain di Jakarta, kesempatan layanan bersihkan mobil seperti ini dapat terbuka untuk kota-kota besar lain, ” kata dia. Pasalnya, layanan seperti ini benar-benar memercayakan kecepatan service.

Layanan ini banyak diminati oleh customer yang mau membersihkan mobilnya sebelum saat atau sesudah pulang kerja, sampai diperlukan saat yang cepat. Tak hanya yang memiliki mobil yang mau membersihkan dalam sekejap, layanan ini dapat mengincar ingindara wanita.

Maklum, saat ini, para wanita yang membawa mobil sendiri jumlahnya selalu bertambah, tidak banyak yang ingin membersihkan mobilnya sendiri. Mereka juga malas pergi ke tempat pencucian konvensional, lantaran mesti menanti kurun waktu yang cukup lama. Sesaat di bersihkan mobil dengan mesin cuci mobil otomatis ini, pengendara tak perlu keluar dari kendaraan sampai mobilnya bersih.

Pencucian bakal dikerjakan dengan rangkaian mesin cuci, seperti tangan-tangan manusia yang menyeka spons untuk bersihkan debu serta kotoran yang melekat.

Mobil bakal dibasahi dahulu serta disiram dengan foam atau busa. Kemudian, mobil bakal basuh dengan sampo spesial, digosok dengan spons serta disiram air bersih.

Namun, tidak seluruhnya dikerjakan dengan cara automatis. Di step pengeringan, tak hanya dengan pertolongan mesin blower, pengeringan akan disempurnakan oleh sentuhan tangan manusia. Terdapat banyak tenaga yang mengelap bodi mobil sampai betul-betul bersih serta kering.

Untuk menolong pengering-an, waktu dibasuh, mobil akan disiram cairan, airwax yang disebut kombinasi air serta bahan kimia. “Dengan cairan ini, mobil dapat cepat kering serta mengkilap, ” tutur William.

Permata Car Wash mematok ongkos pencucian automatis ini dengan harga Rp 25. 000. Biaya bakal jadi tambah jadi Rp 45. 000 apabila juga inginkan pembersihan untuk sisi interior mobil.

Dalam satu hari, jumlah mobil yang masuk ke rangkaian mesin Permata Car Wash berkisar pada 50 mobil sampai 100 mobil. “Paling ramai umumnya sesudah turun hujan, ” kata William.

Tidak berbeda dengan Wijaya Motor yang ada di lokasi Depok mengatasi pencucian seputar 50 mobil sampai 100 mobil dalam sehari. Tak hanya sebentar sesudah turun hujan, banyak pelanggan yang datang di akhir minggu. “Tapi, satu hari sesudah turun hujan pasti banyak yang datang, ” papar Benny.

Dia mengklaim mesin cuci mobilnya dapat membersihkan sampai 20 mobil dalam satu jam. Oleh karenanya, sistem pencucian mobil dapat amat cepat, yaitu tiga menit sampai lima menit.

Untuk layanan ini, dia membanderol ongkos Rp 20. 000 per mobil. Bila mau pembersihan sisi dalam mobil dengan vacuum cleaner, maka mesti merogoh kantong lebih dalam, yaitu Rp 35. 000 per mobil. Tak hanya vakum, mobil dapat juga memperoleh layanan poles cantik serta cek & go di Wijaya Motor.

Pada usaha ini, Benny katakan, pemain dapat mengantongi untung lumayan besar. “Labanya dapat meraih 50%, ” kata Benny yang mulai terjun di usaha cuci mobil automatis dari th 2000-an, meneruskan usaha orangtuanya yang memakai mesin hidraulik.

Kunci Ada Pada Lokasi

cuci mobil otomatisAnda tertarik?

Penjualan mobil yang selalu melaju, ditambah dengan peluncuran mobil murah, jadi pasar yang mengkilap untuk usaha ini. Terlebih, di dalam kemacetan yang saat ini juga menempa kota-kota besar yang lain, diluar Jakarta, waktu makin bernilai untuk beberapa orang. Bisa jadi, mereka bakal menentukan tipe layanan pencucian ini agar mobil terus tampak bersih serta mengkilap.

Pada usaha yang tawarkan layanan atau jasa pada customer seperti usaha ini, lokasi jadi satu diantara kunci kesuksesan. Anda mesti memiliki pertimbangan yang masak masalah lokasi ini, supaya usaha tidak berhenti di dalam jalan.

Lokasi yang strategis, ada di jalan yang utama, bakal benar-benar memastikan seberapa banyak pelanggan yang datang. Seperti lokasi Wijaya Motor yang ada di Jalan Margonda, Depok, yang disebut jalan utama di lokasi itu.

Sudah pasti, Anda juga mesti lihat jalan raya kendaraan yang lewat jalan utama itu. “Semakin ramai jalan itu, makin banyak yang memiliki mobil yang melirik tempat bersihkan mobil ini, ” terang Benny.

Dia juga merekomendasikan supaya menentukan jalan yang mempunyai dua arah, untuk menambah potensi pengunjung yang datang. Di samping itu, tengok juga, kehadiran akses putar balik di seputar jalan itu, untuk mempermudah akses pelanggan singgah untuk bersihkan mobil. “Karena rencananya bersihkan dengan cepat, adakalanya, pengunjung yang datang bukan hanya datang dari daerah seputar lokasi, namun dari daerah lain yang melalui serta berkunjung sebentar untuk bersihkan mobil, ” tutur William.

Walau memiliki kemampuan yang besar, ruangan untuk bersihkan mobil automatis tak memerlukan tempat yang luas. Tempat yang dibutuhkan cuma untuk letakkan rangkaian mesin pencucian serta pengeringan. Di samping itu, Anda dapat sediakan sebagian tempat parkir, untuk mengakomodasi customer yang mau lakukan perawatan yang lain, seperti vakum atau poles cat bodi.

Benny menyebutkan, luas tempat untuk layanan bersihkan mobil automatis cukup 1. 000 m², seperti di Wijaya Motor. Adapun, Permata Car Wash cuma menggunakan area seluas 600 m2.

Untuk menghemat area, Anda dapat bikin alur yang pasti, dari waktu mobil masuk sampai keluar dari area pengeringan. Salah satunya memperhitungkan penempatan kasir untuk mempermudah customer lakukan pembayaran sehingga tak harus keluar dari mobil.

Tak hanya lokasi serta luas tempat, dalam usaha ini Anda juga mesti mencermati pasokan air. Maklum, air adalah bahan baku utama dalam layanan pencucian. Walau ada penyaringan air didalam mesin, Anda juga mesti mencermati mutu air, agar tidak menyebabkan persoalan pada cat mobil atau sisi yang lain.

Beberapa pemain ini, baik Benny ataupun William, memperoleh pasokan air dari sumur yang dipompa. Bila memakai air sumur, sebaiknya, Anda menguji mutu air terlebih dulu, agar tidak menyebabkan persoalan, baik untuk mesin pencucian atau mobil. Di samping itu, siapkan juga bak atau tandon yang menyimpan air bersih untuk kepentingan membersihkan.

Satu diantara investasi paling besar dari usaha ini terdapat dalam penyediaan mesin cuci mobil automatis. Benny katakan, dia beli mesin buatan Taiwan dengan harga Rp 950 juta. “Menurut penilaian saya, product dari Taiwan telah bagus. Memanglah, ada juga mesin yang di buat produsen asal Amerika Serikat serta Eropa. Namun, harga mesin dari sana dapat berlipat dua sampai tiga kali dari harga mesin buatan Taiwan, ” papar Benny.

Begitupun dengan William, yang juga memercayakan mesin pencuci mobil buatan Taiwan lantaran mutunya yang cukup bagus. “Di Indonesia, telah banyak supplier mesin-mesin seperti itu, ” kata Willam yang mengimpor sendiri dari Taiwan.

Tetapi, tidak cuma mesin buatan dari luar negeri. Anda dapat juga memonitor mesin-mesin sejenis buatan lokal. Waktu ini, banyak produsen mesin cuci mobil yang tawarkan produknya disini, seperti Sato Robotic Car Wash.

Walau sistem pencucian dikerjakan oleh mesin, usaha ini masih memerlukan tenaga kerja, terutama untuk menyempurnakan pengeringan. Untuk menguber kecepatan saat juga, pengeringan suatu mobil ini ditangani oleh sebagian orang sekalian. “Dalam sekali pencucian, diperlukan seputar 6 orang sampai 10 orang untuk mengeringkan mobil, ” cetus Benny.

Seperti usaha yang lain, untuk menjaring pelanggan, Anda mesti mengambil keputusan langkah promosi yang pas. Sudah pasti, mutu service yang baik, jadi satu diantara langkah promosi yang tepat. Tetapi, untuk menarik customer datang serta datang lagi, Anda dapat ini juga dapat menggeber beragam program promosi.

Satu diantaranya, berikan service gratis untuk sekian kali kehadiran. Atau, untuk memberikan service yang lain, bila customer menghimpun beberapa bukti pembayaran. Anda dapat juga tawarkan harga yang didiskon pada jam-jam spesifik untuk memikat calon pelanggan.

Banyak dicari:

harga mesin cuci mobil otomatis, mesin cuci mobil otomatis, cuci mobil otomatis, modal usaha cuci mobil otomatis, harga alat cuci mobil otomatis, alat cuci mobil otomatis, perhitungan cuci mobil otomatis, harga franchise cuci mobil otomatis, harga mesin carwash otomatis, daftar harga mesin cuci mobil otomatis, alat cuci mobil otomatis surabaya, mesin carwash, pencucian mobil otomatis, bisnis pencucian mobil, Harga mesin cuci Mobil, cara membuat alat cuci motor, bahan bikin steam mobil otomatis, Mesin cuvi mobil, harga alat mesin cuci mobil otomatis, Pencuci Mobil tercanggih

6 thoughts on “Peluang Usaha Cuci Mobil Otomatis

  1. Saya ada usaha cuci mobil, bisa saya dikirim brosur dan harga mesin cuci mobil otomatis
    Terima kasih
    Aang

  2. bisnis usaha cuci motor dan cuci mobil sangat menguntungkan sekali , karena pertumbuhan motor dan mobil semakin hari semakin tinggi pertumbuhannya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top