You are here
Home > Peluang Usaha > Peluang Usaha Budidaya Cacing Lumbricus

Peluang Usaha Budidaya Cacing Lumbricus

Peluang Usaha Budidaya Cacing LumbricusPeluang usaha budidaya cacing lumbricus – Meskipun membuat bergidik, cacing tanah jenis Lumbricus rubellus ternyata bisa menghasilkan uang.Tidak cuma harga nya yang mahal, cacing ini banyak di buru di pasaran.

Tidak heran, cacing jenis ini mempunyai banyak khasiat kesehatan. Hewan berwujud pipih ini bisa dikonsumsi serta jadikan obat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, menambah nafsu makan, dan menurunkan gula darah serta berbagai penyakit lainnya.

Tidak cuma khasiatnya yang banyak, budidaya cacing lumbricus ini sangat menggiurkan lantaran harga jual cacing tanah ini cukup mahal. Deden Sabarudin asal Cimahi, Jawa Barat menyampaikan, harga jual cacing lumbricus sekitar kurang lebih Rp 50. 000 per (kg).

Peluang Usaha Budidaya Cacing Lumbricus

Tidak hanya menjual cacing lumbricus secara hidup-hidup, Deden juga menjual tepung cacing jenis ini. Cacing yang telah dikeringkan seharga Rp 400.000 per kg. ” Tepung cacing ini murni cacing tanpa ada kombinasi apa pun, ” katanya. Lewat usaha ini, ia dapat memperoleh omzet sampai beberapa ratus juta rupiah per bln.. Keuntungan bersihnya 30% dari omzet.

Hasil budidaya cacing lumbricus ini ia pasarkan ke seluruh indonesia. Ia juga telah menjual dan merambah pasar luar negeri, seperti Malaysia serta sebentar lagi Korea. Sebagian besar konsumennya beli cacing untuk kepentingan pakan ternak, penyubur serta penybur tanah, serta produksi obat herbal.

Deden beternak cacing lumbricus sudah 9 tahun ” Saya berternak cacing lantaran ketidak sengajaan, ” katanya. Waktu itu, ia memerlukan cacing lumbricus untuk pakan belut peliharaannya. Ia lantas coba beternak cacing. Awalannya hanya berternak 200 kg. Kurun waktu delapan bulan menjadi 2, 2 ton cacing.

Karena lebih menjanjikan, pada akhirnya ia lebih memilih beternak cacing. Deden membudidayakan cacing lumbricus di banyak wilayah di daerah Jawa Barat, seperti Cimahi, Sumedang, serta Lembang. Di Cimahi, ia mempunyai 20 tempat cacing dengan ukuran 300 sentimeter (cm) x 50 cm yang dapat menyimpan kian lebih 10 kg cacing.

Selain Deden ada juga Fajar Ramadhani asal Klaten, Jawa Tengah. Ia baru budidaya cacing lumbricus selama tiga bulan yang lalu. “Saya tertarik menjalani usaha ini lantaran kebutuhan cacing ini sangat besar di pasaran.” kata dia

Meski baru menggeluti usaha ini, dia telah memperoleh konsumen. Dengan harga jual sebesar Rp 60.000 per kg, ia dapat mengantongi omzet jutaan rupiah per bln..

Ada juga keuntungan bersihnya yang didapatkannya nyaris 100%. “Modal buat budidaya cacing ini sangatlah murah, ” tegasnya.

Banyak dicari:

ternak cacing, pemasaran cacing tanah di jawa tengah, pengepul cacing tanah di jawa tengah, budidaya cacing, harga tepung cacing, harga cacing tanah, pemasaran cacing tanah, harga cacing tanah per kg, harga cacing lumbricus 2015, https://umkmjogja com/peluang-usaha-budidaya-cacing-lumbricus html, pengepul cacing di klaten, daftar harga cacing lumbricus, harga cacing tanah 2016, harga cacing lumbricus, harga cacing, beli cacing lumbricus, pengepul cacing tanah, kemitraan ternak cacing, harga cacing tanah 2015, harga cacing lumbricus 2016

17 thoughts on “Peluang Usaha Budidaya Cacing Lumbricus

  1. Maaf sebelumnya, saya salah satu orang yg juga budidaya cacing di Jepara jawa tengah. Mohon info tentang pemasaran cacing bisa kemana saja ya? Mohon bantuannya. Email saya [email protected] atau nomor telp 082227792027

  2. Mgkn bs bntu ap ad program kemitraan ternk cacing tsb? Kebetulan sy domisili di jember – jatim, ini cp sya 085230785651

  3. saya pernah budidaya cacing tahun 2000an tapi macet karena yang nampung ga ada, kalo sekarang ada yang mau nampung saya mau lagi budidaya cacing, saya tinggal di subang jawa barat, kalau ada yang siap nampung/beli saya siap untuk beternak lagi. terima kasih CP: 081317221320

Tinggalkan Balasan

Top