You are here
Home > Peluang Usaha > Peluang Usaha Budidaya Ayam Kapas

Peluang Usaha Budidaya Ayam Kapas

Peluang Usaha Budidaya Ayam KapasBudidaya ayam kapas – Lantaran kekhasan pada bulunya, ayam kapas banyak dibudidayakan menjadi hewan hias. Kekhasan ayam ini terdapat pada bulunya yang mirip kapas. Makin bagus bulunya, makin tinggi harga ayam kapas.

Peluang Usaha Budidaya Ayam Kapas

Di Indonesia, ayam kapas belum popular dibandingkan jenis ayam lain. Maklum, ayam asal China ini adalah tipe ayam hias, bukanlah pedaging. Dari bentuk fisik, ayam kapas tampak seperti ayam kampung. Hanya, bentuk bulu ayam kapas yang berbeda dengan ayam kampung.

Sesuai sama namanya, ayam kapas mempunyai bulu putih lembut mirip kapas. Bulu putih itu tumbuh dari ujung kaki sampai kepala dengan jambulnya yang serupa bunga mawar. Bulu ayam kapas tak menempel satu dengan yang lain, hingga tampak lembut seperti kapas.

Warna bulu ayam kapas yang paling populer yaitu putih. Ada pula ayam kapas yang bulunya berwarna coklat kemerahan, abu-abu, serta hitam. Banyak warna bulu ini didapat dari hasil silangan ayam kapas dengan tipe ayam yang lain.

Lantaran kekhasan bulunya, ayam kapas banyak dibudidayakan. Jaja Sumarja asal Bogor menjadi salah satu pem budidaya ayam kapas. Ia mulai tekuni budidaya ayam kapas ini mulai sejak 2011. Jaja memperoleh sepasang ayam kapas dari seseorang rekannya.

Seiring berjalannya waktu, budidaya ayam kapas semakin berkembang. Jaja membudidayakan ayam kapas di pekarangan tempat tinggalnya yang luasanya 20 M2. Sekarang ini Jaja sudah mempunyai 50 ekor ayam kapas.

Jaja menyampaikan, cepatnya pertumbuhan budidaya ayam kapasnya karena unggas ini adalah jenis petelur yang aktif bereproduksi. “Di samping hewan hias, ayam kapas dapat juga dibudidayakan juga sebagai ayam petelur, ” kata Jaja.

Menurut Jaja, dalam seminggu ayam kapas dapat bertelur sampai 20 butir. Bila dihitung, dalam sebulan ayam kapas dapat bertelur sampai 80 butir.

Tetapi menurut Jaja, dari semua hasil panen hanya  80% atau 32 butir telur yang punya potensi menetas dengan baik.

Umumnya Jaja jual ayam kapas yang telah berusia tiga bln dengan harga sekitar 500 ribu per ekor. Dan anakan ayam kapas kurang dari 3 bln di bandrol 50 ribu sampai 400 ribu per ekor.

Dalam sepekan, Jaja dapat jual 30 ekor anakan ayam kapas. Bila tengah banyak pesanan, Jaja mengklaim dapat memperoleh omzet penjualan ayam kapas sampai Rp 10 juta per bln. dengan laba bersih 50%.

Pem budidaya ayam kapas yang lain yaitu Nunung Setyawan asal Yogyakarta. Ia beternak ayam kapas mulai sejak th 2000 di tempat  seluas 1.000 M2. Di tempat itu, Nunung membudidayakan banyak ayam kapas.

Ia jual ayam kapas anakan berumur sebulan 90 ribu per ekor serta indukan 590 ribu per jodoh. Dalam satu bulan, Nunung mengakui dapat jual sekitar 30 ayam kapas. Omzetnya dapat meraih kian lebih Rp 15 juta per bln.

Banyak dicari:

ayam kapas, cara berternak ayam kapas, Budidaya ayam kapas, prispek ternak ayam kapas, jenis ayam kapas dan harga, cara ternaka ayam kapas d indonesia, cara ternak ayam kapas, analisis usaha ayam kapas, beternak ayam kate, ayam kapas coklat, Ayam kap, ternak ayam kapas

7 thoughts on “Peluang Usaha Budidaya Ayam Kapas

  1. gan bisa saya minta alamat dan nomer hp yang bisa saya hubungi. Saya tertarik untuk mencoba bisnis ayam kapas. Terima kasih

  2. saya mau tanya, kalau penggiriman unggas ke luar kota pasti membutuhkan waktu paling sedikit 2 – 4 hari tergantung jarakm lokasi yang di tempuh sedangkan unggas harus di beri makan 2 x sehari. bagaimana cara mengatasi hal itu agar unggas sampai tujuan tidak mati?apakah ada jasa pengiriman khusus hewan?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top