You are here
Home > Peluang Usaha > Meraup Hoki dari Seni Melipat Kurumie

Meraup Hoki dari Seni Melipat Kurumie

Melipat-KurumieKurumie yaitu kerajinan tangan yg terbuat dari potong kertas washi (kertas Jepang) serta di buat dalam wujud tiga dimensi. Dahulu, kurumie adalah cenderamata asal Jepang.

Saat ini, telah beberapa orang yg dapat bikin sendiri kerajinan tangan itu. Juga sebagian orang membuatnya sbg kesempatan usaha yg menjanjikan bersamaan dengan trend serta kenaikan popularitas budaya Jepang di Indonesia.

Satu diantara perajin kurumie yaitu Rohana (42), yang memiliki Rohana Art di Sunter, Jakarta Utara. Rohana mengetahui kerajinan kurumie dari th. 2011.

Waktu itu, ia tertarik beli kit (paket beberapa bahan lengkap) kurumie yg dijual di mal-mal. Tetapi, menurut Rohana, harga nya terlampau mahal. ” Dahulu saya beli Rp 80. 000 per kit, namun tetap jarang sekali yg jual, ” ungkapnya.

Lalu, Rohana coba bikin kurumie sendiri. Wanita kelahiran 17 Oktober 1971 ini mulai pasarkan kurumie buatannya pada th. 2013. Tak hanya tawarkan jenis kurumie yg bertema Jepang, Rohana juga mulai bikin kurumie dengan jenis khas Indonesia seperti ondel-ondel. Dalam 1 hari, ia dapat bikin 15 boneka kurumie.

Pelaksanaan kurumie diawali membuat pola/design. Pola tersebut lalu dipenggal jadi bagian-bagian. Penggalannya ditempel dengan dakron, lalu dilapisi kain.

Penggalan-penggalan kain itu ditempelkan dengan lem supaya jadi utuh. Bila akan, kurumie dapat dibingkai untuk jadi suatu hiasan nan cantik.

Melewati Rohana Art, ia jual kurumie kit (bahan) dengan harga Rp 50. 000-

Rp 70. 000. Sesaat kurumie yg telah dibingkai di bandrol dengan harga Rp 150. 000-Rp 300. 000. Dalam 1 bulan, Rohana dapat mengantongi omzet lebih kurang Rp 15 juta per bln. Adapun laba bersihnya lebih kurang 50%.

Tak hanya Rohana, Anwar Saidi juga lihat kesempatan usaha kurumie. Yang memiliki Paper4Your ini mengawali usahanya th. 2002 dengan jual beragam kerajinan kertas seperti clover, pergamano, serta sudah pasti kurumie.

Boneka kurumie yg di tawarkan oleh Anwar di bandrol dari Rp 100. 000 sampai Rp 400. 000. ” Perbedaannya ada pada ukurannya saja makin besar makin mahal, ” tuturnya. Tak hanya memperoleh boneka kurumie yg di idamkan, konsumen di Paper4You juga diajar bagaimana bikin boneka kurumie.

Sumber : kontan. co. id

Banyak dicari:

kurumie, pola membuat boneka kurumi, Seni kreasi kurumi

One thought on “Meraup Hoki dari Seni Melipat Kurumie

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top