You are here
Home > Peluang Usaha > Mengintip Peluang Usaha Budidaya Buah Pir

Mengintip Peluang Usaha Budidaya Buah Pir

Buah pir yang segar, manis dan banyak manfaatnya menjadikan primadona bagi masyarakat tropis yang panas. Ini tentu menjadi peluang bagi kita untuk budidaya buah pir yang selama ini cuma didatangkan dari luar negeri.

Mengintip Peluang Usaha Budidaya Buah Pir
Mengintip Peluang Usaha Budidaya Buah Pir

Mengintip peluang usaha budidaya buah pir – Buah pir jadi satu diantara buah berpamor tinggi karena mempunyai kandungan nutrisi serta khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan. Selain itu, kandungan airnya yang tinggi dan mempunyai rasa yang manis sangat segar jika dimakan pada siang hari yang panas.


Di samping disukai karena rasa dan kesegarannya, buah pir juga bermanfaat untuk turunkan berat badan, tingkatkan pencernaan, tingkatkan kesehatan jantung, menjaga kandungan cairan badan, sampai turunkan tensi darah tinggi.

Buah yang banyak dibudidayakan di daerah Eropa, Asia Timur, serta Afrika Utara ini masuk kelompok genus Pyrus. Cukup banyak spesies pohon dari genus Pyrus yang diketemukan.

Karena merupakan buah impor yang cukup banyak disukai masyarakat, beberapa pembudidaya coba membiakkan tanaman ini di Indonesia. Satu diantara petani yang mencoba budidaya buah pir yaitu Welly Siswanto dengan nama usaha Bernike Garden yang beralamatkan di Kandangan, Kediri, Jawa Timur.

PENTING:   Peluang Kemitraan Bebek Salto

Mengintip Peluang Usaha Budidaya Buah Pir

Welly mulai coba budidaya buah pir mulai sejak empat tahun yang lalu. “Di Malang telah banyak yang menanam apel, jadi saya coba budidaya buah pir yang hampir serupa dengan apel, ” katanya.

Dia menceritakan, dalam satu tahun belakangan permintaan akan bibit pir semakin meningkat, walau belum begitu stabil tiap bulannya. Welly banyak melakukan budidaya buah pir lokal yang berwarna cokelat. Namun selain itu, ia juga membudidayakan pir dengan mengimpor bibit dari Thailand yang sekarang ini tengah dalam sistem ujicoba.

“Di Indonesia belum banyak petani yang budidaya buah pir. Jadi, mereka yang beli dari saya memanglah punya niat untuk jadi petani budidaya buah pir yang pertama di daerahnya, ” paparnya.

Welly jual bibit pir lokal seharga 30.000 sampai Rp 40.000 per bibit. Dan untuk bibit pir impor harganya Rp 200.000 per bibit. Bibit pir import lebih mahal lantaran bibit unggul serta belum banyak yang menjualnya disini.

PENTING:   Budidaya Pisang Abaca (Part II)

Harga jual buah pir yang ia datangkan dari Thailand juga cukup tinggi. ” Harga nya sekitaran Rp 30.000 per kg, ” jelasnya.

Welly pernah memperoleh pesanan dari Yogyakarta sekitaran 400 bibit pir lokal. Bila dihitung, omzetnya meraih Rp 16 juta. Dari Wonosobo pernah ada juga calon pembudidaya yang beli sekitaran 200 bibit pir Thailand.


  1. Rahardi, pengamat agribisnis, memiliki pendapat, umumnya satu pohon buah pir dapat membuahkan satu kuintal buah pir saat pohon telah meraih ketinggian 2 m. Tetapi bila di teliti, rasa buah pir yang dibudidayakan di Indonesia tidak sama dengan negara aslinya di Eropa yang lebih manis. ” Di Indonesia pir mempunyai rasa agak asam,” tuturnya.

Untuk wilayah budidaya buah pir juga cuma dapat dikembangkan di dataran tinggi. Buah ini cuma dapat tumbuh pada dataran tinggi diatas 1.000 m di atas permukaan laut (mdpl), seperti di Malang maupun Nusa Tenggara Timur.

Tinggalkan Balasan

Top