You are here
Home > Peluang Usaha > Masih Menjanjikannya Bisnis Sarang Walet

Masih Menjanjikannya Bisnis Sarang Walet

Masih Menjanjikannya Bisnis Sarang WaletDua th yang akan datang, harga sarang walet dipredisi meningkat. Perkiraan itu di sampaikan oleh Boedi Mranata, ketua bidang perdagangan Asosiasi Peternak serta Pedagang Sarang Walet Indonesia (APPSWI). Sebelum saat pertengahan 2011, harga sarang walet berkwalitas meraih Rp15 juta sampai Rp16 juta per kg. Waktu ini, harga sudah turun jadi Rp 5 juta samapi Rp 6 juta per kg. Boedi memperkirakan bakal ada kenaikan harga lebih kurang 30-50% dari harga saat ini. Namun bakal susah untuk meraih harga seperti pada awal 2011.

Perkiraan itu menurut satu kepercayaan bahwasanya dalam dua th ke depan, Indonesia telah dapat penuhi persyaratan-persyaratan ekspor ke Cina serta perdagangan mulai lancar. Jatuhnya harga dari dua th ini lantaran kebijakan Cina yang menghentikan impor sarang walet. Oleh karenanya banyak pebisnis sarang walet di tanah air jadi skeptis serta lihat hari esok perdagangan walet suram. Walau sebenarnya, dulu jumlah produksi sarang tak memenuhi keinginan.

Burung WaletNegeri Tirai Bambu itu juga inginkan info yang lengkap tentang asal tempat tinggal area walet itu dibudidayakan (traceability). Intinya apabila berlangsung masalah yang membahayakan customer, Cina bisa menelusuri dimulai dari eksportir, pengolah sarang, sampai kerumah waletnya. Hal-hal utama lain  yaitu meyakinkan sarang walet dipanaskan dengan oven sebelum saat diekspor agar bebas dari virus flu burung serta penyakit yang lain.

Lantaran ada persyaratan-persyaratan yang ketat untuk ekspor ke Cina, maka diperlukan kesepakatan pada pemerintah Indonesia serta Cina. Karenanya, ada upaya-upaya yang benar-benar intensif di Indonesia yang dikerjakan dengan kerja sama yang erat pada departemen pertanian, departemen perdagangan serta APPSWI untuk secepat-cepatnya dapat ekspor ke Cina. Pada awal April 2012 kesepakatan perdagangan sarang walet pada akhirnya di tandatangani ke-2 negara. Pada step pelaksanaannya perusahaan-perusahaan yang mau mengekspor sarang walet ke Cina mesti lulus persyaratan-persyaratan spesifik yang ditetapkan oleh pihak Indonesia serta Cina. Sebelum saat barang di kirim bakal dikerjakan kontrol ketat dari Badan Karantina Indonesia. Sesampainya di Cina, badan karantina setempat bakal memeriksa kembali.

Sesungguhnya telah tercatat delapan eksportir walet Indonesia yang lulus persyaratan-persyaratan dari pemerintah Indonesia. Tetapi, dari seluruh eksportir itu belum ada satu juga yang diuji oleh pihak Cina. Posisi Malaysia semakin bagus dari Indonesia karena telah sembilan eksportir yang dinyatakan lulus oleh pihak Cina serta Malaysia. Diinginkan Malaysia dapat selekasnya ekspor ke Cina.

Menurut Harry, penurunan harga serta jumlah ekspor sarang burung sudah membuat situasi tidak nyaman untuk investor walet. Banyak pembangunan tempat tinggal walet di daerah berhenti, juga beberapa yang memiliki tempat tinggal walet dirombak jadi tempat tinggal atau toko. Peternak besar Collocalia fuciphaga di Medan, Sumatera Utara, Johannes Siegfried, menyampaikan hal sama : Imbasnya hingga ke penambahan jumlah pengangguran.

Harry menuturkan waktu inilah sebenarnya peluang besar memperluas pasar. Orang yang pada mulanya tak dapat beli produksi sarang walet bakal jadi customer baru. Oleh karenanya, hari esok perdagangan si liur emas tetap berpeluang seandainya penuhi kriteria importir.

Johannes Siegfriend menjelaskan bahwasanya perdagangan walet waktu ini serta ke depan tak semudah dahulu. Kita mengharapkan seluruh mata rantai usaha sarang walet serta pemerintah jadi kesatuan visi untuk kembalikan keadaan perdagangan seperti sediakala. Indonesia bakal terus untuk produsen walet paling besar pada saat yang akan datang.

Banyak dicari:

Harga sarang walet 2016, harga walet 2016, bisnis sarang walet, harga sarang burung walet 2016, https://umkmjogja com/masih-menjanjikannya-bisnis-sarang-walet html, prospek sarang walet 2016, burung walet, harga sarang walet 2017, bisnis walet, harga sarang waLet terbaru 2016, Walet, harga sarang walet januari 2016, gambar walet, usaha sarang walet, bisnis walet 2015, harga sarang walet, bisnis sarang walet 2015, walet 2016, harga sarang walet tahun 2016, gambar burung walet

4 thoughts on “Masih Menjanjikannya Bisnis Sarang Walet

  1. Km sebagai pengumpul dan peternak sarang walet gedung ingin menjual bahan mangkok kwalitas super, sudut dan patahan min 20 sd 50 kg jika minat liat langsung ke lokasi km dan dpt menghub bpk wira hp 081397896857

    1. Numpang promo,
      Saya punya sarang walet gedung / rumah
      kwalitas putih bersih.

      Daftar harga:
      1. Mangkok Rp. 10 Juta/ Kg.
      2. Sudut Rp. 7 Juta/ Kg.
      3. Patahan Rp. 5 Juta/ Kg.
      4. CampurRp. 6 Juta/ Kg.
      bisa nego
      Yg minat silahkan
      hub: 081241485432

  2. Wah, makasih infonya
    Kami sedang mencari suplier sarang walet kotor maupun bersih untuk permintaan lokal dan ekspor. Bisa hubungi 082213796760
    atau kunjungi www. distributorsarangwalet .com

Tinggalkan Balasan

Top