You are here
Home > Tips Pengusaha > Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Oleh Wirausaha

Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Oleh Wirausaha

Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Oleh WirausahaUntuk bangun suatu usaha, walau dalam taraf kecil menengah, hal yang paling mendasar yaitu mengerti dulu bagaimana bagian usaha, dimulai dari awal sampai usaha itu berkembang. Dapat jadi pedoman Anda.

Ahli marketing dari Ednovate Marketing, Hermas Puspito, membagi bagian itu jadi lima langkah-langkah yang harus dilakukan oleh wirausaha:

Tahap 1 : Mencari Ide Bisnis

Adalah step paling awal saat bakal mengawali usaha. Calon pelaku bisnis mencari beragam info perihal kesempatan serta inspirasi usaha. Inspirasi ini dapat datang darimana saja.

Panduan : Kita dapat mendapatkan inspirasi usaha dari buku, majalah, internet, seminar, anjuran pelaku bisnis senior serta juga saat kita bertandang ke pusat perbelanjaan/pusat keramaian.

Tahap 2 : Memulai Bisnis

Sesudah temukan inspirasi serta kesempatan usaha, lalu mengawali usaha. Ingat, intinya yaitu ACTION dulu, serta janganlah takut tidak berhasil.

Panduan : Pada step ini fokuslah untuk jualan, promosi, merubah calon pelanggan jadi pelanggan. Kumpulkan serta mencari customer sebanyak-banyaknya.

Tahap 3 : Meningkatkan Profit

Pada step ini kita konsentrasi untuk menambah keuntungan usaha. Sesudah banyak customer yang datang ke toko kita, waktunya kita menambah keuntungan.

Panduan :

    • Perbesar margin keuntungan
    • Buat customer beli lebih sering
    • Buat customer beli lebih banyak

Tahap 4 : Membangun Sistem

Step ini dengan cara bertahap kita mulai bangun system usaha. Kita mulai bikin Standard Operating Procedure (SOP), buat system sistem order, penjualan, penggajian karyawan, buat tim manajemen.

Panduan : Inti dari step ini yaitu usaha kita dapat jalan, walau kita tak ada.

Tahap 5 : Mengembangkan

Step ini dapat kita lakukan saat system telah kita bangun. Sistem pengembangan usaha ada beragam jenis :

    • Buka cabang
    • Buka system kemitraan
    • Buka system waralaba
    • Mencari inspirasi usaha baru

Panduan : Untuk step ini yakinkan merk kita telah tercatat di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Dirjen HKI).

Banyak dicari:

langkah langkah dalam berwirausaha, langkah langkah berwirausaha, langkah langkah wirausaha, langkah pertama yang harus dilakukan wirausahawan dalam menjalankan usahanya adalah, langkah berwirausaha, Sebutkan langkah langkah yang harus dilakukan untuk memulai menjadi wirausaha, langkah dalam berwirausaha, langkah langkah memulai wirausaha, sebutkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai menjadi wirausaha, langkah langkah Yang harus dilakukan untuk memulai menjadi wirausaha, langkah langkah melakukan wirausaha, langkah wirausaha, langkah-langkah wirausaha, langkah langkah kewirausahaan, sebutkan langkah langkah yang harus di lakukan untuk memulai menjadi wirausaha, langkah-langkah melakukan wirausaha, langkah wirausahawan, langkah untuk menjadi wirausaha, langkah pertama yang harus dilakukan oleh wirausahawan dalam menjalankan usahanya adalah, langkah langkah yang harys dilakukan untuk memukai menjadiwirausaha

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top