You are here
Home > Peluang Usaha > Kretifitas kerajinan styrofoam, Ringan Barangnya Mantap Keuntunganya

Kretifitas kerajinan styrofoam, Ringan Barangnya Mantap Keuntunganya

kerajinan styrofoamBerbekal kreatifitas, styrofoam dapat menjelma jadi beberapa produk yg dapat menghadirkan keuntungan besar. Potensi pasarnya selalu melar bersamaan maraknya kegiatan promosi korporasi serta keinginan rumah tangga. Tertarik?

Styrofoam jamak kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kita. Satu diantara faedahnya yg paling popular sbg wadah waktu kita beli makanan untuk dibawa pulang. Dalam beragam perayaan, dekorasi berbahan basic styrofoam sering menyemarakkan situasi. Nah, berangkat dari seni dekorasi inilah, styrofoam dapat menghadirkan tumpukan duit yg cukup tidak tipis untuk mereka yg telaten menguliknya.

Styrofoam memanglah mudah dibentuk serta diukir jadi beragam jenis wujud dekoratif serta bermacam ciri-ciri. Tidak hanya itu, warna basic yg putih bersih mudah disulap jadi benda beragam warna. Walhasil, melalui inspirasi kreatif serta tangan-tangan trampil, tampilan styrofoam dapat beralih jadi benar-benar atraktif. Product selanjutnya dapat berbentuk hiasan dinding dua dimensi sampai beragam ciri-ciri, patung, atau miniatur tiga dimensi (3D).

Karena terkait dengan cita rasa serta selera, harga product akhir itu dapat benar-benar beragam, dari cuma beberapa ribu rupiah sampai beberapa puluh juta rupiah. “Terakhir, kami kerjakan materi iklan Blaster dengan harga Rp 12 juta, ” beber Budiono, pendiri komune Styrofoam Carving Nation yg banyak menggarap kreasi styrofoam untuk kepentingan iklan serta promosi.

Rentang margin keuntungan usaha juga lebar, dari biasa-biasa saja sampai mengagumkan. Ada yg mengaku, margin keuntungannya 40%–50%. Tinggi rendahnya harga serta margin ini benar-benar bergantung tingkat kerumitan design, ukuran, dan mutu bahan baku, serta bahan pendukung lain. “Biasanya, kami berembuk dahulu dengan pemesan agar tahu ekspektasi mereka. Kemudian, kami kalkulasi biayanya, ” tutur Budiono.

Pasarnya tetap besar

Omzet usaha ini pasti bergantung dari nilai kreasi serta kekuatan pelaku menggaet klien atau jual produksinya. JJ Art Design terbilang cukup berhasil menggarap usaha styrofoam ini.

Setiap bln, dengan pesanan lebih kurang 10–15 product per bln., omzetnya rata-rata Rp 20 juta–Rp 27 juta. Maklumlah, JJ Art Design yg beroperasi dari 2007 ini membanderol harga pada Rp 1, 7 juta sampai Rp 2, 5 juta per product. “Saat ini kami kerjakan patung sapi serta logo 3D, ” papar Jeje Rachmat, yang memiliki JJ Art Design, bangga.

Gangsta Styrofoam yg bermarkas di Bogor juga cukup mujur. Dengan konsentrasi bikin hiasan dinding memiliki bahan basic styrofoam, omzet Gangsta rata-rata Rp 9 juta per bln.. “Tiap bln. saya bisa jual lebih kurang 500 hingga 600 item dengan harga Rp 15. 000 per unitnya, ” ungkap Hasman, yang memiliki Gangsta.

Memanglah, besarnya omzet juga bergantung dari market share yg dibidik. Yang pasti, pasar hiasan dari styrofoam ini benar-benar luas, dimulai dari kelompok rumah tangga sampai korporasi besar. Kelompok rumah tangga umum memerlukan product kreatif styrofoam untuk kepentingan hiasan dinding kamar sampai dekorasi pesta keluarga. Adapun, kelompok korporasi memerlukan layanan seni kreasi styrofoam untuk kepentingan promosi atau materi iklan.

Dengan makin banyak korporasi yg gencar berpromosi dengan styrofoam, kesempatan usaha olah kreasi styrofoam lalu semakin besar. JJ Art Design, umpamanya, mengaku terima pesanan untuk perusahaan makanan serta farmasi. Adapun Styrofoam Carving Nation sudah menggarap beberapa iklan perusahaan besar : Axis, Blaster, Silverqueen, serta Milkuat.

Bila Anda tertarik untuk turut terjun ke usaha ini, tersebut banyak hal yg harus Anda buat persiapan :

Modal kreativitas

Modal utama untuk berhasil tekuni usaha kreasi styrofoam ini sejatinya yaitu kreatifitas. Tiada kreatifitas, Anda tak lagi dapat menghasilkan beberapa produk memiliki bahan basic styrofoam yg mengundang ketertarikan pasar. Karenanya, cita rasa seni yaitu syarat mutlak dalam usaha ini.

Walau demikian Anda tak mesti dapat mendesain sendiri atau wujudkan sendiri inspirasi kreatif itu. Inspirasi kreatif dapat Anda dapatkan dari referensi-referensi majalah atau tayangan hiburan. Dapat juga dari lihat kreasi dari sesama pelaku seni styrofoam. Inspirasi juga dapat datang dari klien Anda.

Yg terutama, untuk wujudkan kreasi itu Anda mesti mempunyai tenaga yg trampil. Jadi, tenaga kerja adalah factor yg mutlak dalam usaha ini. Tetapi, karena pendapatan usaha ini berbasis order dengan kata lain pesanan, Anda dapat mengupah tenaga kerja Anda dengan sistem komisi, seperti yg digerakkan oleh JJ Art Design. Sistem ini pas terlebih saat Anda baru meniti usaha ini. Namun, bila telah mapan, merekrut tenaga permanen bakal tambah baik.

Walau dapat merekrut tenaga kerja yg tahu design, bakal tambah baik bila Anda sendiri juga mempunyai pemahaman yg baik perihal design. Syukur-syukur bila Anda mempunyai kekuatan bikin design kreatif, seperti Jeje. “Dulu tetap usaha kecil-kecilan, saya garap sendiri, ” kata dia.

Supaya mempunyai keterampilan yg mumpuni, Anda serta pekerja Anda mesti banyak belajar dari buku seni pahat serta patung perihal segala teknik mengukir serta memahat.

Adapun untuk modal dananya sendiri, sesungguhnya relatif tak terlampau besar dibanding dengan potensi keuntungannya. Modal awal paling besar yaitu menyewa area untuk workshop atawa bengkel kerja. Nilainya dapat meraih Rp 20 juta, bergantung lokasi, mutu bangunan, dan luas bangunan. Dianjurkan, sih, sekurang-kurangnya seluas 75 mtr. persegi. Yg asyik, bila Anda mempunyai area kosong, cost modal bakal segera terpangkas penting.

Modal yang lain yaitu untuk belanja peralatan serta perlengkapan kerja. Yg terutama yaitu computer sekurang-kurangnya satu perangkat plus printer, kompresor, dan alat pemotong, sejenis cutter serta kabel elemen. Cutter digunakan untuk tehnik potong siku, adapun kabel elemen tambah baik digunakan untuk bikin wujud lengkung. Untuk kepentingan ini, modalnya lebih kurang Rp 10 juta.

Untuk step awal, pasti Anda juga mesti mempersiapkan modal untuk stock bahan baku. Tak hanya styrofoam, bahan baku penunjang yang lain yang perlu Anda siapkan yaitu dempul serta resin.

Dempul serta resin ini berperan menguatkan styrofoam hingga saat dicat dapat membuahkan penampilan yg mulus serta menarik, seperti keramik. Nilai stock awal bahan baku ini terserah kekuatan keuangan Anda serta seberapa optimistis Anda dalam mencapai pasar di usaha ini.

Yang pasti, dengan margin moderat 20% saja, Anda dapat balik modal dalam tempo kurang dari 1/2 th.. Pasti, dengan catatan, Anda berhasil memperoleh klien.

Manajemen bahan baku

Bahan baku untuk seni styrofoam ini cukup gampang Anda dapatkan. Karena, pemasok styrofoam cukup banyak serta menyebar di beragam lokasi, seperti di Kapuk (Jakarta Utara), Tanahabang (Jakarta Pusat), serta Palmerah (Jakarta Pusat).

Yang perlu Anda mengerti, styrofoam terdiri dari dua tipe, yaitu lembaran serta balok. Styrofoam tipe lembaran umum digunakan untuk bikin hiasan dua dimensi. Adapun styrofoam balok digunakan untuk bikin ciri-ciri tiga dimensi.

Harga nya sudah pasti tidak sama. Styrofoam lembaran ukuran 2 mtr. x 1 mtr. dengan ketebalan 1 cm. (cm) sekarang ini dihargai lebih kurang Rp 10. 000 per lembar. Adapun styrofoam balok ukuran satu mtr. kubik dijual seharga Rp 700. 000– Rp 800. 000 per balok.

Bila pingin berhemat, Anda juga dapat beli bahan baku styrofoam dari pengepul sampah atau toko buah serta elektronik. Harga nya dapat benar-benar miring. Konon, ada yg di bandrol dengan harga hanya Rp 400 per lembar. Risikonya, sudah pasti kondisinya terkadang diluar ekspektasi Anda dengan kata lain jelek. Alhasil, tidak banyak lagi sisi dari styrofoam yg dapat diolah atau digunakan jadi product kreatif.

Sbg gambaran, Hasman dapat membuat 50 hiasan dinding ukuran 5 cm x 10 cm dari satu lembarstyrofoam. Adapun, Jeje dapat menghasilkan empat patung setinggi 1 mtr. serta lebar 50 cm dari satu mtr. kubik styrofoam.

Mengingat harga styrofoam yg lumayan mahal serta punya potensi naik, sebaiknya Anda memiliki stokstyrofoam di bengkel kerja Anda. Ini juga untuk mengantisipasi setiap saat datang pesanan.

Nah, untuk mengoptimalkan bahan baku sekalian menghimpit volume sampah styrofoam, Anda janganlah lupa untuk menghendaki pemasok atau supplier memotong styrofoam yg Anda beli sama dengan dimensi objek atau product yg bakal Anda lakukan.

Kiat pemasaran

Banyak jalur menuju Roma untuk pasarkan karya Anda. Tetapi, promosi dari mulut ke mulut tetap yg paling efisien. Jadi, sekali Anda dapat memuaskan klien dengan kreasi yg bermutu serta harga yg masuk akal, besar potensinya klien-klien lain bakal berdatangan.

Langkah promosi lain yg saat ini popular yaitu melalui internet, dari yg gratis sejenis Facebook serta situs (blog), sampai beriklan.

Diluar itu, Anda juga butuh menjalin jalinan dengan beberapa penyelenggara event atau biro iklan. Mereka mungkin saja pintu untuk proyek-proyek dari korporasi. Tidak salah juga, Anda membangun rekanan dengan pengelola pertokoan, pusat belanja, dan gedung pertemuan. “Biasanya mereka bakal melacak kita bila butuh dibuatkan set dekoratif dengan bahan styrofoam, ” tutur Budiono.

Sumber : Kontan

Banyak dicari:

hiasan dinding dari styrofoam, kerajinan dari styrofoam, kreasi dari styrofoam lembaran, cara membuat aneka kreasi styrofoam, cara buat kerajinan tangan dari styrofoam, kerajinan tangan dari styrofoam, hiasan dari styrofoam, kerajinan styrofoam, cara menghias styrofoam, cara membuat kerajinan dari bahan gabus, jual styrofoam lembaran jogja, cara membuat hiasan dinding dari styrofoam, cara membuat hiasan dari styrofoam, materi cara membuat styrofoam, kreasi dari styrofoam, kerajinan tangan dari bahan gabus, jual styrofoam lembaran di jogja, kerajinan tangan dari gabus, cara membuat kerajinan dari styrofoam, kerajinan dari sterofom

Tinggalkan Balasan

Top