You are here
Home > Kisah Sukses > Kisah Tirto Utomo dalam Merintis Aqua

Kisah Tirto Utomo dalam Merintis Aqua

Kesuksesan Tirto Utomo dalam Merintis AquaAda yg tidak tahu AQUA? Product yang telah jadi pemimpin pasar untuk product air minum dalam kemasan. Bahkan product selain AQUA juga disebut AQUA, lantaran nama product yang benar-benar menempel di pikiran beberapa konsumennya. Siapa kira pendiri AQUA yaitu seorang pria yang lahir dari daerah pedalaman di Jawa Tengah Wonosobo, Tirto Utomo namanya.

Cerita suksesnya tak gampang, melewati halangan yang panjang. Walau dia datang dari desa, tetapi sudah sangat terkenal kepintarannya. Sesudah lulus SMA Tirto meneruskan pendidikan di UGM. Tetapi selanjutnya ia mengambil keputusan untuk berhenti kuliah di UGM serta beralih ke Fakultas Hukum UI. Hebatnya, Tirto Kuliah dengan ongkos sendiri, dia mendapatkan biaya dengan bekerja di suatu majalah harian di Jakarta.

Bagaimana awal usaha air minum Tirto? Suatu inspirasi yang kebetulan nampak. Pada waktu itu Tirto telah bekerja di Pertamina, serta telah jadi rutinitas Tirto diminta sediakan air minum untuk beberapa tamu. Pada waktu tamu dari Luar Negeri datang, Tirto sediakan air minum yang telah direbus. Al hasil, sang tamu terkena diare. Rupaya orang Luar Negeri tak punya kebiasaan dengan air putih yang direbus. Inilah yang bikin Tirto berpikir bagaimana bikin air yang sehat serta bisa dikemas.

Tirto yang lulusan Hukum pada akhirnya berinisiatif pelajari bagaimana sistem pembuatan air dalam kemasan. Untuk tahu sistem pembuatannya, Tirto menyuruh adiknya untuk magang di Polaris, perusahaan Air Minum yang telah lebih dahulu berdiri. Dari situlah Tirto memperoleh info bagaimana memperoleh air minum yang sehat serta bisa dikemas. Sesudah mantap, Tirto mendiringan perusahaan yang ia namakan Golden Missisipi serta pada akhirnya menelurkan suatu product yang diberinama AQUA.

Empat th pertama yaitu masa-masa susah. Keinginan customer tetap benar-benar rendah. Bukan sekedar itu, tirto juga memperoleh hinaan serta cibiran dengan produknya. Penduduk Indonesia yang waktu itu belum punya kebiasaan dengan air minum dalam kemasan yang bernilai cukup mahal pada waktu itu. Harga satu buah Aqua lebih mahal dibandingkan harga 1 liter minyak tanah pada waktu itu.

Tetapi lantaran perjuangan serta prinsip yang tinggi selanjutnya makin lama AQUA mulai diterima oleh pasar. Serta AQUA jadi penguasa pasar dalam pemasaran air minum kemasan.

Pelajaran yang dapat diambil dari cerita sukses Tirto adalah:

  • Melakukan bisnis tak harus mesti sesuai berdasarkan latar belakang disiplin akademiknya, seluruhnya dapat ditekuni asal dengan kesungguhan.
  • Terkadang product baru bakal dicibir oleh orang-orang, tetapi dengan ketekunan serta kerja keras, serta dengan setrategi usaha yang selalu sesuai, product dapat diterima oleh orang lain. Tak ada ungkapan gagal atau ditolak, tetapi cuma terlambat.
  • Usaha biasanya baru stabil di umur kian lebih lima th, jika telah melalui lima th kemungkinan bakal bisa stabil.

Banyak dicari:

awal mula merintis nya air aQua, kisah sukses tirto utomo

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top