You are here
Home > Kisah Sukses > Kisah Sukses “Kapal Api” dalam Menguasai Pasar Kopi di Tanah Air

Kisah Sukses “Kapal Api” dalam Menguasai Pasar Kopi di Tanah Air

Kisah Sukses Kapal Api dalam Menguasai Pasar Kopi di Tanah AirPendiri perusahaan kopi yg berbasis di Surabaya ini, Go Soe Loet, bisa bangga. Product perusahaan yg dirintis pria asal Fujian, Cina Daratan, itu saat ini tempati posisi paling atas dalam pasar kopi di Indonesia. Dalam data yg diolah dari beragam sumber, Kopi Kapal Api merebut 65% pasar kopi nasional. Ia menaklukkan merek-merek lain yg tidak kalah popular.

Go Soe Loet yg mulai merantau ke Indonesia dari awal era XX itu mulai membangun usahanya pada 1927. Saat itu naluri bisnisnya menyampaikan, kesempatan dagang tetap demikian terbuka untuk kopi. Sehari-hari, sambil jual sayur-mayur, ia lihat beberapa orang menyukai menyeruput kopi. Alhasil, ia mengambil keputusan jual kopi dengan merk dagang sendiri, yakni ” Kapal Api “.

Awal mulanya, untuk menghimpit harga supaya terjangkau oleh penduduk luas, Soe Loet mencampurkan product kopi bubuknya dengan jagung. Namun, tidak seperti kopi yang lain di pasar yg rata-rata bermutu rendah, ia berupaya terus melindungi mutu rasa serta aroma kopinya. Paket produknya hingga th. 1970-an memanglah tetap dalam bungkus kertas.

Pada 1968, anak ke-2 Soe Loet, Soedomo Mergonoto, mulai berhimpun ke perusahaan ini sbg tenaga penjual. Saat itu, produksinya tetap sebagian ratus kilogram /hari. Sepuluh th. lalu, pada 1978, waktu Soedomo dipercayai menguasai perusahaan, suatu gebrakan dikerjakan perusahaan ini. Kopi Kapal Api mulai ada dalam paket seratus gram.

Jadi, dengan berani ia mengambil keputusan menempatkan iklan (siaran niaga) di TVRI pada akhir 1970-an, melalui kontrak sepanjang tiga bln.. Perusahaan ini relatif jadi pelopor dalam iklan kopi di layar kaca. Memilih pelawak Jawa Timur yg lagi naik daun, Paimo Srimulat, sbg bintang iklan, nama Kopi Kapal Api juga cepat melesat. Bersamaan dengan itu, tingkat penjualannya juga meningkat berlipat ganda. Cuma kurun waktu empat th., pada 1984, perusahaan ini sudah menggunakan mesin yg dapat menghasilkan 500 kilogram kopi per jam. Saat ini, Kopi Kapal Api telah mempunyai mesin dengan kapasitas produksi yg jauh semakin besar, yaitu 5 ton per jam.

Sumber : eciputra. com

Banyak dicari:

kapal api, kopi kapal api, logo kapal api, logo kopi kapal api, gambar kapal api, kopi kapal api campuran jagung, pengusaha kopi sukses di indonesia, kisah sukses kopi, gambar iklan kopi kapal api, logo pengusaha sukses, Omzet penjualan kopi kapal, pengusaha kopi kapal api, pengusaha kopi sukses, Cerita sukses kopi kapal api

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top