You are here
Home > Pojok UMKM > Kian Eksotisnya Kerajinan Mendong di Yogyakarta

Kian Eksotisnya Kerajinan Mendong di Yogyakarta

Kian Eksotisnya Kerajinan MendongKecamatan Minggir adalah daerah penghasil mendong paling besar yang ada di Kabupaten Sleman. Dari tanaman mendong inilah beragam tipe barang kerajinan dihasilkan. Mendong (Fimbristylis Globulosa) yaitu satu diantara tipe tumbuhan yang hidup di rawa. Mendong bisa hidup dengan baik di daerah yang berlumpur serta mempunyai air yang cukup. Tanaman tipe rumput ini umumnya tumbuh dengan panjang 70-100 cm. Mendong dapat disebutkan jadi satu diantara ciri khas Kecamatan Minggir lantaran tipe tanaman ini sedikit ditemukan ditempat lain di semua lokasi D. I. Yogyakarta.

Kerajinan mendong telah cukup lama di kenal oleh penduduk. Bila dahulu mendong banyak diperlukan untuk bikin tikar, waktu ini kreasi dari tanaman mendong benar-benar beragam. Kerajinan mendong yang saat ini banyak didapati berbentuk tas, peci, sandal, dompet, amplop undangan, tempat sampah, pigura, serta ada banyak yang lain. Beberapa barang kerajinan dari mendong ini tidak cuma diminati pasar domestik. Customer luar negeri juga memburu kerajinan eksotik ini.

Kunci Berhasil Usaha Kerajinan Mendong

Ada plastik yang dapat menukar hampir seluruh peralatan/benda yang terbuat berbahan alami memanglah jadi tantangan untuk beberapa perajin mendong. Dengan cara faktual, kehadiran plastik telah menggulung banyak perajin mendong. Walau begitu, bersamaan dengan adanya banyak variasi kerajinan mendong, beberapa yang berminat juga kembali meningkat. Mendong yang disebut bahan baku ramah lingkungan, terutama dengan anyaman berwarna-warni memanglah tetap menarik untuk dilirik.

Untuk membuahkan product yang berkwalitas, beberapa perajin mendong juga mesti mencermati sistem produksi. Dimulai dari pengumpulan bahan baku yang berkwalitas, sistem pengolahan mendong hingga jadi product siap jual. Sistem pengolahan mendong sendiri mencakup pewarnaan mendong, pembuatan cetakan serta perangkaian mendong jadi wujud yang di idamkan. Sesudah seluruh sistem usai maka kerajinan mendong siap untuk di pasarkan.

MendongPotensi tanaman mendong yang cukup besar tidak lalu bikin warga Kecamatan Minggir memproses mendong jadi barang dengan nilai jual tinggi. Sebagian besar petani mendong tetap jual mendong mentah pada pengumpul. Cuma beberapa warga yang mengolahnya jadi tikar yang lalu di jual pada perajin mendong. Walau sebenarnya, bila mendong diberikan nilai lebih serta diolah jadi kerajinan yang lebih beragam, keuntungan yang semakin besar dapat diperoleh.

Dengan keadaan itu, program padat karya untuk memaksimalkan potensi daerah serta juga kemampuan lokal juga benar-benar dibutuhkan. Program padat karya ini mempunyai tujuan untuk berikan daya manfaat pada penduduk supaya bisa memproses potensi lokal untuk hingga bisa menambah skala hidup penduduk.

Sumber: bisnisukm.com

Banyak dicari:

tikar mendong jogja, kerajinan mendong, harga tikar mendong jogja, jual tikar mendong jogja, sentra pengrajin tikar mendong di bantul, kerajinan tikar mendong, kerajinan tikar mendong jogja, mendong khas jogja, sentra tas mendong, produsen kerajinan mendong dan serat alam kabupaten sleman, pusat tikar di yogyakarta, pengrajin tikar mendong di jogja, kerajinan mendhong, kErajinan jogja mendong, jual mendong jogja, jual mendong, https://umkmjogja com/kian-eksotisnya-kerajinan-mendong-di-yogyakarta html, contoh kerajinan serat mendong, contoh kerajinan mendong tikar, tikar mendong kasongan

Tinggalkan Balasan

Top