You are here
Home > Tips Pengusaha > Kesalahan Fatal dalam Negosiasi Bisnis

Kesalahan Fatal dalam Negosiasi Bisnis

Negosiasi BisnisSaat lakukan negosiasi bisnis atau usaha, umumnya pelaku usaha cuma pikirkan besarnya keuntungan yang dapat mereka peroleh. Pasti budaya ini tak seutuhnya benar, hingga tak heran apabila hingga saat ini banyak pelaku usaha yang selanjutnya bangkrut lantaran cara mereka lihat negosiasi usaha cuma hanya duit.

Walau sebenarnya, sesungguhnya banyak keuntungan lain yang dapat diperoleh pelaku usaha dari negosiasi usaha yang Ia lakukan. Perjanjian pada ke-2 pihak dapat membuahkan suatu hasil mufakat untuk keduanya sama membesarkan bisnsi Anda. Bukan sekedar itu saja, Anda juga dapat memperoleh beragam jenis input positif dari mitra usaha yang Anda punyai.

Nah, supaya negosiasi usaha yang Anda lakukan dapat menghadirkan banyak keuntungan untuk perusahaan Anda. Baiknya jauhi 3 kekeliruan dalam negosiasi usaha yang kerap dikerjakan beberapa pelaku usaha.

Mengunggulkan Product Tidak Sesuai Fakta

Tidak sedikit pelaku usaha yang suka mengemukakan kelebihan product mereka tetapi tak disertai dengan fakta sebenarnya. Pasti cara ini kurang kuat untuk memberikan keyakinan calon mitra usaha Anda, karenanya baiknya ceritakan apa misi serta visi perusahaan Anda lalu berikan juga lika-liku perjalanan usaha Anda sampai selanjutnya product unggulan yang di tawarkan dapat di terima baik oleh kelompok penduduk luas. Apabila butuh, tunjukkan juga sebagian testimoni asli dari beberapa customer, hingga calon investor Anda makin meyakini dengan kredibilitas perusahaan Anda.

Tidak Berani Menjaga Harga

Dalam suatu negosiasi bisnis, kadang-kadang beberapa pelaku usaha hadapi kondisi di mana tawar-menawar harga mulai berlangsung. Saat hadapi keadaan itu, tidak sedikit di antara mereka yang pada akhirnya menyepakati harga jual yang di minta klien usaha mereka. Hingga tak heran apabila selanjutnya harga tawar yang diperoleh tak demikian tinggi lantaran mereka tidak berani menjaga harga jual produk-produknya.

Kesalahan Fatal dalam Negosiasi BisnisKurang Mengerti Bahwa Setiap Pertemuan Juga Merupakan Negosiasi

Hingga saat ini beberapa pelaku usaha tetap mengartikan negosiasi dalam artian sempit. Walau sebenarnya, tiap-tiap pertemuan yang kita butuhkan dengan mitra usaha ataupun calon investor adalah suatu kesempatan untuk membuat suatu hubungan kerja usaha. Karenanya, berikanlah kesan positif pada mereka supaya nantinya dapat terjalin hubungan kerja yang baik.

Dari ketiga panduan usaha diatas, dapat diambil kesimpulan bahwasanya sesungguhnya negosiasi usaha tidak cuma hanya mengulas duit serta tiap-tiap hubungan dengan calon prospek adalah suatu negosiasi.

Maju selalu UKM Indonesia serta salam sukses!

Sumber: bisnisukm.com

Tinggalkan Balasan

Top