You are here
Home > Tips Pengusaha > Ide Usaha Untuk Mahasiswa

Ide Usaha Untuk Mahasiswa

Ide Usaha Untuk MahasiswaIde usaha untuk mahasiswa. Mahasiswa merupakan masa seseorang butuh pengalaman untum menerapkan ilmu yang selama ini dipelajarinya. Apabila hanya sekerdar teori tentu saja nanti setelah lulus seorang mahasiswa akan merasa gagap terhadap kehidupan yang sesungguhnya.

Oleh karena itu, belajar berwirausaha semenjang di bangku kuliang merupakan hal yang sangat penting. Selain dapat menghasilkan income tambahan, dengan berwirausaha maka setelah lulus kelak Ia sudah tidak bingung lagi untuk mencari pekerjaan, karena meskipun tak dapat bekerja pada perusahan orang, Ia juga sudah bisa membuka lapangan kerja sendiri untu dirinya, bahkan untuk orang lain.

Namun yang menjadi masalah sekarang adalah banyak mahasiswa yang masih bingung mau memulai usaha apa yang kira-kira bisa disambi kuliah. Berikut kemi akan berbagi beberapa ide usaha mahasiswa yang bisa segera dibuka oleh seorang mahasiswa.

Ide Usaha Untuk Mahasiswa

Jual Keunikan

Bila anda tergolong mahasiswa kreatif serta inovatif, pasti banyak inspirasi atau hal baru yang bisa Anda gunakan membuka usaha. Tak sedikit usaha baru diawali dari penemuan tipe product, tehnologi, system, serta program baru. Bila sukses membuat suatu kekhasan, selekasnya anda ambillah hak paten serta menjualnya. Penemuan baru umumnya benar-benar berpeluang untuk menembus pasar, terlebih khas, unik, serta banyak diperlukan orang.

Misal riil, rekan-teman saya bikin kaos-kaos unik dengan kalimat yang penuh motivasi. Kaos itu memanglah umum saja bila dipandang sekilas, namun lantaran ada keunikannya dengan kalimat yang penuh inovasinya, dapat menaikkan nilai jual. Pastinya keuntungan dapat jauh semakin besar dengan kekhasan yang mereka jual.

Duplikasi Usaha Lain

Untuk Anda yang merasa dirinya kurang kreatif serta inovatif, janganlah putus harapan. Yakinlah, inspirasi usaha menyebar dimana-mana, juga di depan mata. Anda mesti senantiasa butuh membaca kesempatan, mengukur potensi, serta berani mengambil kemungkinan. Umpamanya, di seputar Anda ada rumah makan bakmi yang cukup laku. Apa kelirunya Anda berkompetisi dengan cara sehat di tenpat yang sama juga dengan product yang sama. Anda cukup menduplkikasi usaha itu, namun mesti berikan nilai lebih pada customer, seperti service, harga, kecepatan, keramahan. Misal service yang lebih memuaskan pada customer yaitu berikan air teh gratis pada customer atau berikan porsi daging yang lebih dibanding kompetitor anda.

Usaha Sarana Tambahan

Tak hanya menduplikasi, Anda dapat juga buka usaha dengan berikan usaha sarana penambahan, namun ini mesti dengan sedikit sentuhan kreativitas. Umpamanya, tetangga buka warnet, maka anda tetap dapat menyainginya dengan penambahan sarana atau memperluas penawaran yang ada. Anda dapat membangun warnet di lokasi sama.

Nyaris setiap saat ada saja tipe usaha yang tren, seperti saat ini zamannya penyewaan computer untuk bermain game (game zone). Dengan sedikit sarana penambahan, anda juga dapat mempunyai usaha serta siap untuk sukses. Umpamanya, Anda dapat menyewa tempat di seputar tempat penyewaan game zone itu dengan jual minuman yang lagi tren saat ini, Bubble Tea. Itu benar-benar pas dengan market share Bubble Teadan game zone untuk market share anak sekolah.

Jual Ketrampilan

Anda sendiri juga bisa jual ketrampilan yang dipunyai. Bila dapat menggunting rambut, Anda dapat buka salon. Dengan sedikit sentuhan yang tidak sama dengan salon-salon yang lain, pasti salon Anda bakal ramai di kunjungi customer. Untuk Anda yang mahir mengetik 10 jari, tak ada kelirunya buka usaha layanan pengetikan, seperti skripsi, naskah, makalah, dan sebagainya yang lalu dapat Anda kembangkan dengan terima layanan penerjemahan.

Terdapat beberapa usaha yang dapat anda buka menurut ketrampilan anda, percayalah anda mempunyai potensi, mempunyai ketrampilan serta mempunyai harapan besar untuk berhasil jadi seseorang pengusaha, walau sebagai entrepreneur pemula.. awalilah belajar membuahkan income lewat ketrampilan sendiri semisal berikan privat bhs inggris, computer, matematika, musik, menyanyi atau layanan pengetikan seperti yang di sampaikan di atas.

Jadi Agen

Anda dapat buka kantor keagenan, baik sebuah product ataupun layanan. Sangat banyak product serta layanan yang benar-benar membutuhkan agen. Tidak cuma jadi agen satu product, Anda dapat juga jadi agen yang sediakan layanan, seperti agen air isi ulang, isi ulang pulsa, penyalur pembantu rumah tangga, agen model, agen iklan, dan sebagainya.

Jual Barang Bekas (second)

Sedikit orang yang sensitif dengan usaha ini. Barang second, terlebih dengan nilai historis yang tinggi, umumnya mempunyai harga yang benar-benar tinggi juga. Tetapi, jual barang bekas (second) ini mesti di kerjakan dengan teratur serta terencana. Anda dapat beli satu barang disuatu tempat dengan harga terjangkau serta menjualnya di tempat lain dengan harga yang lebih tinggi. Anda dapat juga jual spare part computer lewat cara beli computer rusak dengan harga terjangkau. Lalu dengan memakai orang yang tahu perbaikan computer, Anda dapat jual computer yang telah di perbaiki itu dengan harga yang lebih tinggi. Begitu juga dengan barang bekas, seperti kamera, motor, dan sebagainya.

Buka Kantor

Untuk anda yang mempunyai ketrampilan buka kantor sendiri. Janganlah takut persoalan modal serta SDM. Anda dapat mengajak kolega atau rekan seprofesi untuk patungan modal serta buka kantor itu. Jualah skill serta pengalaman anda. Bila reputasi bagus serta rekanan banyak (network), janganlah cemas kekurangan client. Anda dapat mengawali membangun kantor dari rumah atau lebih di kenal dengan sebutan home office. Cukup hanya sediakan satu computer, satu telephone, faxs, meja, serta kursi tamu.

Beli Usaha Pola Waralaba

Untuk anda yang mempunyai modal besar, namun tidak ingin ribet untuk memikirikan suatu hal usaha yang baru, alternatif waralaba (franchise) bisa diambil. Waralaba adala tipe usaha yang relatif terstandartisasi dengan baik. Memanglah perlu kejelian yang tinggi untuk menilai waralaba mana yang bagus serta pas untuk Anda. Anjuran saya, carilah usaha waralaba yang mempunyai track record yang baik serta telah teruji di lapangan. Saat ini makin banyak bermunculan waralaba, dari yang memerlukan modal besar sampai yang memerlukan modal kecil.

Usaha Bersama

Terkadang usaha bakal semakin bagus bila didirikan serta di kelola berbarengan. Umpamanya Anda pandai pemrograman computer, namun anda mempunyai sedikit rekan, sesaat rekan anda mempunyai banyak rekan serta mempunyai rekanan yang luas serta memerlukan layanan pemrograman, anda mungkin buka usaha layanan pemrograman (software house). Anda yang kerjakan pekerjaannya, sedang rekan anda yang mencari order. Dari keunggulan masing-masing inilah dapat memperkuat satu usaha baru sekalian membesarkannya.

Lakukan Direct Selling

Usaha ini menurut saya cukup prospektif. Modalnya murah meriah. Di samping itu di dukung juga oleh product yang bagus, system pemasaran, kursus, serta tahap karier. Memanglah kita tak tutup mata sangat banyak orang yang alergi atau anti pada Multi Level Marketing (MLM). Umumnya trauma oleh kegagalan, seperti uangnya habis di MLM. Itu umumnya di sebabkan usaha MLM dengan skema piramid atau money game yang berkedok MLM. Waspadalah serta jauhi usaha dengan skema piramid atau money game yang mengaku-aku MLM. Menurut saya, MLM (kerap juga di sebut dengan people franchise) yang murni benar-benar menarik. Juga untuk perusahaan MLM berikan peluang pada kita untuk membangun perusahaan sendiri (authorized distributor atau stokist). Kita tak perlu terlampau alergi dengan info tentang MLM, terkadang info yang di berikanlah oleh MLM amatlah menarik. Tidakkah untuk jadi seseorang entrepreneur yang berhasil mesti senantiasa belajar, belajar serta belajar dan mempunyai banyak rekan.

Itualah beberapa ide-ide usaha untuk mahasiswa yang bisa segera anda buka. Tetapi, tak tutup kemugkinan ada ide-ide lain yang dipunyai rekan-teman seluruhnya. Yang butuh disadari, suatu inspirasi hanya adalah satu inspirasi, Inspirasi bakal sukses bila Anda berani merealisasikannya, buanglah ketakutan serta kata tidak berhasil dari dalam diri anda. Anda mesti senantiasa ingat, bila anda alami kegagalan, katakan dengan keras, ”Saya cuma tengah lakukan evaluasi yang benar-benar mengagumkan berharganya untuk diri saya sendiri”, Janganlah putus harapan. Cepatlah bangkit serta belajar dari kegagalan.

Dalam bukunya, Robert T. Kiyosaki menjawab pertanyaan tersebut, ”Kenapa Anda terus menyarankan orang untuk jadi usahawan, walau sebenarnya catatan statistik yang sukses cuma seputar 10%? ” Lalu ia menjawab, ”Saya yakin dengan statistik dibawah 10%, maka untuk berhasil usaha, Anda mesti siap untuk sekurang-kurangnya berpeluang 9 kali tidak berhasil sebelum saat barangkali memperoleh 1 kesuksesan”. Itu bukan hanya ’gagal’, tetapi ’belum berhasil’ serta menurut Abraham Lincoln ”Itu Hanya terpeleset serta saya bukan hanya jatuh”.

Kesimpulan

Dibelahan negara manapun di dunia ini dapat dibuktikan makmur serta sejahtera rakyatnya pada saat pemerintah mengutamakan kewirausahaan untuk agenda utama dalam pembangunannya, untuk misal negara-negara seperti amerika, inggris, jerman, kanada, jepang, korea plus tetangga dekat kita yakni singapura serta malaysia, jadi negara maju serta rakyatnya makmur karena kesungguhannya dalam bangun serta meningkatkan kewirausahaan.

Begitu juga negara kita, bila mau keluar dari beragam persoalan terlebih persoalan kemiskinan serta pengangguran maka jalan keluar yang paling pas yaitu membuat banyak pengusaha berhasil. Anda untuk generasi muda sekalian untuk agen pembaharu bangsa ini, pastinya memiliki tanggungjawab yang besar untuk memastikan nasib bangsa ini kedepan. Awalilah detik ini ubah mind set anda bahwasanya sekolah/kuliah yang anda lakoni ini tidak cuma semata untuk mencari pekerjaan tetapi ada pilihan lebih mulia daripada sebatas bekerja yakni buka kesempatan usaha (berwiraswasta), dengan entrepreneur tak hanya bakal melatih kemandirian serta kebebasan mengexplorasi potensi dapat juga menolong buka kesempatan pekerjaan untuk orang lain.

Mulialah detik ini anda action untuk berwiraswasta, apa pun itu tipe usahanya baik barang ataupun layanan, percayalah pada diri anda sendiri bahwasanya anda itu memiliki keunggulan serta potensi yang maha dahsyat yang tersimpan di dalam alam bawah sadar anda. Yang perlu anda kerjakan yaitu ketahui serta gali potensi anda itu, implementasikan dengan buka usaha apa pun itu yang sesuai sama dengan ketertarikan atau bakat anda. Janganlah belenggu potensi ketertarikan serta bakat anda, awalilah buka usaha dari hal yang barangkali tampak kecil serta remeh tetapi yakinlah dengan kesungguhan serta kemauan yang kuat anda bakal jadi entrepreneur besar, entrepreneur berhasil, entrepreneur yang bisa mengangkat harkat martabat bangsa ini dari beragam keterpurukan.

Banyak dicari:

peluang usaha untuk mahasiswa baru

One thought on “Ide Usaha Untuk Mahasiswa

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top