You are here
Home > Peluang Usaha > Cerahnya Prospek Usaha Cetak Batu Bata Ringan

Cerahnya Prospek Usaha Cetak Batu Bata Ringan

Pabrik

Dengan bermodal Rp 40 juta, seperti kata Matheus, kita telah dapat menghasilkan sendiri batu bata ringan CLC. Produksi dapat dikerjakan dirumah dengan tempat yang tidak butuh luas, tanpa ada buruh, dan alat pembakaran. Pengeringan dikerjakan ditempat terbuka.

Ini tidak sama dengan produksi bata ringan AAC yang memerlukan mesin pembakaran. Berarti, kita perlu modal kian lebih Rp 40 juta. Matheus katakan, untuk lebih serius dengan produksi 500 mtr. kubik (m3) /hari perlu modal Rp 250 juta. Modal ini belum mengkalkulasi pengadaan tanah, ya.

Anda bebas menghasilkan bata ringan ukuran berapakah juga. Hanya, Matheus menghasilkan batu bata ringan memiliki ukuran 7, 5 cm x 20 cm x 60 cm serta 10 cm x 20 cm x 60 cm. Tiap-tiap kubik ukuran itu sejumlah 111 serta 83 buah bata. Lantaran ukuran tidak sama, harga terang berbeda. Matheus membanderol harga semasing di kisaran Rp 500.000 per m³ dan

Rp 800.000 per m³. “termasuk juga biaya kirim,” katanya.

Hal paling utama yang perlu ada bila kita mau bikin pabrik bata ringan yaitu mesin dan tempat untuk menyimpan bahan olahan serta tempat pengeringan, serta tempat pembakaran.

Lain dengan Matheus yang mendesain serta bikin sendiri mesinnya, BSB beli mesin dari China. Budi tidak mau memaparkan berapakah harga setiap mesin, tetapi BSB perlu dana investasi seputar Rp 30 miliar untuk membangun satu pabrik dengan kemampuan 180 m³/hari. ” Ditambah tanah, seputar Rp 70-an miliar-lah. Th. ini kami bakal menambah mesin supaya kemampuan produksinya jadi optimal 400 m³/hari, ” papar Budi.

Matheus menuturkan, investasi lebih murah bila mesin di buat serta di desain sendiri. Tetapi Budi memiliki pendapat, bila bikin mesin sendiri, investasi mesin malah jadi lebih mahal. Oleh karena itu BSB pilih impor mesin dari China serta mulai produksi batu bata ringan dua th yang lalu di Makassar, Sulawesi Selatan.

Banyak dicari:

kumpulan bahan kimia pembuatan bata ringan, usaha bata ringan, bisnis bata ringan, usaha batu bata ringan, usaha batu bata, peluang usaha bata ringan, analisis usaha bata ringan, proposal pabrik hebel, proposal usaha bata ringan, modal usaha bata ringan aac, modal usaha bata ringan, modal pabrik hebel, home industri bata ringan, cara membuat bata ringan modern, buruh borongan membuat batako gajinya berapa, bisnis hebel, bisnis batu bata Putih, Berbisnis batu bata, usaha herbel

9 thoughts on “Cerahnya Prospek Usaha Cetak Batu Bata Ringan

    1. M.frangky,tinggal di daerah mana?saya ingin belajar membuat /usaha bata ringan.saya tinggal dijogja,nuwun

    2. Wawww….bisnis yg menjanjikan.saya tertarik pak frangky.boleh saya belajar mengembangkan bisnis bata ringan ini

  1. Mohon arahan untuk membuka pemikiran, saya tertarik Krn saat ini baru mulai menjadi UMKM Kuliner Krupuk dari biji umbi 2x an, semoga tetespon dan kemampuan tercukupi. Terimakasih.

    Salam Succes, Tri H

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top