You are here
Home > Tips Pengusaha > Cara Membuat Nata De Seaweed Sebagai Bisnis Rumahan

Cara Membuat Nata De Seaweed Sebagai Bisnis Rumahan

Cara Membuat Nata De Seaweed Sebagai Bisnis RumahanCara membuat nata de seaweed sebagai bisnis rumahan – Berkembangnya trend olahan hasil laut sekarang ini bikin banyak kelompok berlomba-lomba untuk terjun menekuninya. Seperti industri nata de coco dari air kelapa, nata de seaweed banyak di proses juga sebagai usaha kecil menengah maupun industri.

Nata de seaweed yaitu pengembangan product dari rumput laut yang di proses jadi product serupa nata de coco. Nata de seaweed jadi olahan rumput laut yang kaya kandungan nutrisi, lemak baik, serat, serta protein. Olahan rumput laut ini mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Nata de seaweed di produksi dari tipe rumput laut Eucheuma atau Glacilaria. Sistem pengolahan rumput laut sampai berbentuk nata dikerjakan dengan proses fermentasi memakai bakteri Acetobacter Xylinum. Fermentasi rumput laut menjadi nata de seaweed memerlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan sistem produksi nata de coco yang berasal dari air kelapa.

Supaya kita lebih tahu tentang gambaran proses pembuatan nata de seaweed, berikut ini beberapa step dasar cara membuat nata de seaweed untuk bisnis rumahan :

Cara Membuat Nata De Seaweed Sebagai Bisnis Rumahan

Siapkan rumput laut yang masih segar, bersihkan sampai bau amis karang pada setiap helai rumput laut hilang, lalu tiriskan. Setelah itu leburkan menggunakan blender, namun janganlah terlampau halus. Saring untuk mengambil filtratnya.

Filtrat itu ditambahkan air sampai kurang lebih 1500 ml, lantas masak dengan api sedang sampai 10 menit.

Tunggu selama lima belas menit sampai dingin, kemudian masukkan larutan gula aren secukupnya serta 15 gram ammonium sulfat, lalu masukan sari jeruk nipis.  Aduk rata sampai pH media tunjukkan nilai sekitar 3-4.

Sesudah sistem pemasakan usai, pasta rumput laut siap untuk diletakkan pada wadah fermentasi yang bersih (disterilkan terlebih dahulu). Wadah ditutup rapat dengan menggunakan kain kasa steril. Diamkan sampai satu malam dalam suhu kamar. Lalu esok harinya, imbuhkan sedikit  Acetobacter Xylinum (sekitar 10%). Tutup kembali memakai kain kasa lantas fermentasikan sampai 10 hari kemudian dalam suhu kamar.

Hari kesebelas yaitu waktunya untuk panen nata de seaweed yang berbentuk lembaran-lembaran yang padat serta kenyal. Bersihkan lembaran itu kemudian nata de seaweed siap di proses jadi bermacam makanan ringan  sesuai selera yang Anda inginkan.

Itulah proses dasar cara membuat nata de seaweed. Untuk pengolahan menjadi makanan matang berikutnya, kebanyakan diolah menjadi minuman segar yang menyehatkan. Kita pun dapat menjadikan ini sebagai peluang usaha untuk menambah pemasukan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

.

Sumber: bisnisukm.com

Banyak dicari:

https://umkmjogja com/cara-membuat-nata-de-seaweed-bisnis-rumahan html

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top