You are here
Home > Pojok UMKM > Budidaya Kabocha Plaosan

Budidaya Kabocha Plaosan

Budidaya KabochaKabocha adalah tipe tumbuhan merambat, di mana buahnya yang juga di kenal dengan sebutan waluh, cukup disukai oleh beberapa masyarakat Indonesia. Tak hanya aman dikonsumsi oleh anak-anak sampai orang tua, kabocha juga mempunyai beragam zat serta vitamin yang berguna untuk badan. Kabocha benar-benar enak di proses jadi kolak, atau dapat pula di proses jadi bermacam camilan atau bubur. Seluruhnya bergantung selera saja.

Untuk Anda kaum wanita, buah kabocha ini benar-benar baik untuk perawatan kulit. Konsumsi kabocha dengan cara teratur juga dapat menghindari penuaan. Dari sisi kesehatan, kabocha dapat juga turunkan hipertensi, kurangi kemungkinan kanker dan penyakit jantung. Serta, kabocha dapat jadi obat alami untuk penyakit sulit buang air besar, lantaran kabocha sendiri menggandung banyak serat. Tutur Wagimin, salah seseorang petani kabocha asal Plaosan.

Menurut Wagimin, budidaya kabocha ini bila di kembangkan dengan cara optimal, potensi ekonomi yang dihasilkan benar-benar mengagumkan. Tak hanya tergolong baru, saat panen buah kabocha ini dapat juga disebut amat cepat. Buahnya sendiri, sesudah dipanen dapat bertahan sampai 1 th, jika disimpan dengan cara benar.

Dari saat menanam di ladang sampai panen, budidaya kabocha ini memerlukan saat relatif singkat, yakni 90 hari atau 3 bulanan, dengan hasil produktivitasnya yang cukup tinggi. Dalam satu pohon, umumnya meraih 4-5 buah serta mempunyai berat rata-rata 1, 5 kg per buah. Kabocha ini terhitung tanaman menjalar, lantaran inilah untuk penanaman membutuhkan penyangga, seperti teralis atau bambu setinggi 2-3 mtr.

Di daerah tropis, laiknya Indonesia, kabocha benar-benar bagus dibudidayakan. Dengan tambahan sedikit metode lagi, kabocha dapat produksi dengan cara optimal di daerah dengan ketinggian 700 mdpl sampai 1500 mdpl. Dataran rendah, sesungguhnya dapat juga tumbuh serta berproduktivitas, tetapi hasil buahnya tak sebaik di dataran tinggi. Bila di dataran tinggi kabocha yang dihasilkan yaitu kabocha grade A, maka kabocha yang dihasilkan di dataran rendah yaitu kabocha dengan grade B. tutur pria yang mulai membudidayakan kabocha dari dua th silam ini.

Di awal-awal budidaya kabocha ini, Wagimin pernah dianggap remeh oleh beberapa orang setempat yang nyaris seluruh adalah petani wortel. Sesudah mereka lihat sendiri keberhasilkan Wagimin dalam memproses serta membudidayakan kabocha, orang-orang perlahan-lahan terima inspirasi Wagimin ini. Mereka lalu mengkombinasikan tanaman ini dengan tanaman pokok, seperti wortel. Akhirnya sungguh mengagumkan. Hasil pemasukan beberapa petani dapat 2 x lipat, juga dapat lebih.

Waktu merintis dahulu saya berikan utang biji ke petani. Waktu itu petani tetap berasumsi, biji kabocha mempunyai harga yang lumayan tinggi. 1 biji kabocha rata-rata seharga 1000, serta mereka juga ragu-ragu untuk pemasarannya. Namun, sesudah petani tahu sendiri potensi serta kemana jual kabocha, mereka juga pada akhirnya berani beli bibit sendiri di depan. Tutur pria yang juga tengah membudidayakan tomat lokal organik ini.

Menurut Wagimin, bibit kabocha dapat diperoleh di beberapa toko pertanian seharga Rp 58. 000 untuk satu pack-nya. Di mana satu pack ini diisi seputar 65 biji kabocha. Tetapi, umumnya yang sukses disemaikan seputar 55-an biji. Bila dari macamnya, kabocha sendiri terbagi dalam lima tipe. Dari pembicaraan Wagimin, tipe kabocha yang cukup laris yaitu kabocha orange serta hijau.

Dalam pemasarannya, Wagimin mengakui tak bingung. Sebagian mitra yang ada diluar daerah seperti Surabaya, Yogyakarta, Semarang serta sebagian kota besar yang lain siap membeli kabocha punya Wagimin serta rekan-temannya. Buah kabocha yang dapat bertahan lama juga jadi keuntungan sendiri dalam membudidayakan buah kabocha ini.

Banyak dicari:

cara menanam kabocha, budidaya kaboca, teknik budidaya kabocha, labu kabocha plaosan, petani kabocha orange, penghasilan menanam kabocha merah, petani labu kabucha merah, labu kabocha pdf, cata tanam kaboca, cara tanam kaboca, cara menanam kaboca, cara menaman labu kabocha, cara budidaya kabocha yang baik dan benar, budidayakabocha, budidaya waluh di jogja, budidaya labu kabocha, budidaya kabocha merah dan hijau, budidaya kabocha, asal kaboca

One thought on “Budidaya Kabocha Plaosan

Tinggalkan Balasan

Top