You are here
Home > Pojok UMKM > Bisnis Konten Kreatif untuk Ponsel

Bisnis Konten Kreatif untuk Ponsel

Bisnis Konten Kreatif untuk Ponsel

umkmjogja.com – Akhir-akhir ini, content hp semakin kreatif saja. Satu diantara yang tengah trend serta digemari anak muda yaitu pesan bergambar. Di smartphone layanan seperti ini memang telah ada sejak lama.

Tetapi, untuk hp biasa atau mungkin yang bukan ponsel pintar, service seperti ini masihlah terbilang baru. Tercatat hanya satu pemain di bidang bisnis konten kreatif yang sediakan service pesan bergambar untuk hp jenis ini, yaitu Ananto Susatyo yang mengusung merk aplikasi Unyu.

Bisnis Konten Kreatif untuk Ponsel

Unyu adalah satu diantara dari 4 start up yang turut dalam program inkubasi ideabox yang diadakan oleh Indosat. Ananto mengakui, tertarik menjalankan bisnis konten kreatif yang sediakan aplikasi ini lantaran pasarnya yang besar, yaitu kurang lebih 80% dari keseluruhan konsumen hp di Indonesia.

“Walau mereka mempunyai smartphone, namun paket internet yang mereka gunakan kebanyakan yang harian,” imbuhnya. Supaya tampak lebih menarik di mata konsumen, Unyu dilengkapi dengan 3 karakter.

Di antaranya yaitu animal serta wul-wuk. ” Untuk yang satunya masihlah belum dapat saya berikan lantaran saat ini kami masih juga dalam sistem persiapan, ” tuturnya.

Lain halnya dengan aplikasi pesan yang mungkin sudah ada sebelumnya, beberapa pengirim pesan bakal digambarkan sesuai seperti karakter yang disenanginya. Di samping itu, untuk melukiskan ekpresi, konsumen cuma butuh mengetik tipe ekspresi serta emoticon, setelah itu automatis bakal nampak gambar dengan sendirinya.

Menurut Ananto, service ini mempermudah beberapa konsumennya lantaran tak perlu ribet mencari satu persatu tipe emoticon yang mau dipilih. Di samping itu, untuk memudahkan, Ananto juga bikin shortcut setiap karakter di monitor hp.

Dalam satu set ada 5 karakter serta lebih dari 40 ekspresi. Seperti biasanya, aplikasi ini bisa di buat jadi pembicaraan group. Lelaki kelahiran Jakarta ini mengawali membuat aplikasinya mulai sejak satu tahun yag lalu.

Untuk mempersiapkan menyempurnakan aplikasi ini, dia dibantu ketiga rekannya. Dengan rencana yang lucu serta sangatlah ekspresif itu, Unyu membidik segmen konsumen anak-anak muda dengan rentang umur 13 hingga 24 th.

Gagasannya, aplikasi pesan bergambar spesial untuk hp biasa ini bakal resmi di luncurkan pada awal bulan depan, mereka telah lakukan kampanye untuk memperkenalkan service ini.

Melalui program itu, bisnis konten kreatif ini telah memperoleh sejumlah 1000 konsumen kurun waktu sembilan hari. Ananto membidik dalam kurun waktu sebulan pasca peluncuran, Unyu dapat menggaet 10. 000 konsumen baru.

Sedang untuk aplikasi di smartphone bakal siap launching dua bln sesudahnya. Ananto katakan, sekarang ini mereka masih juga dalam sistem penyempurnaan serta persiapan akhir, hingga kelak betul-betul siap untuk di luncurkan.

Untuk di smartphone, dia tak membuat target terlampau tinggi. Cuma seputar 50.000 s/d 100.000 konsumen kurun waktu tiga bln pertama.

Terkendala Modal serta Promosi

Menurut Ananto, ongkos bikin aplikasi ini cukup mahal, perlu biaya antara Rp 250 juta sampai Rp 300 juta. Untuk penyempurnaan aplikasi, Unyu memperoleh modal penambahan kurang lebih US$ 15.000 dari investor.

Di luar modal yang besar, hambatan lain yang dihadapi Ananto dalam menjalankan bisnis konten kreatif  ini yaitu pasar serta jalur distribusi. Menurut dia, butuh kiat promosi yang kuat serta detil, hingga pas tujuan.

Sampai sekarang ini, Unyu berusaha untuk mempromosikan service aplikasinya lewat media digital serta jejaring sosial seperti Twitter. Di samping itu, dalam lebih mengenalkan produk dari bisnis konten kreatif ini dia juga bikin flayer digital yang ditempatkannya didalam hp biasa.

Bukan sekedar itu, Unyu juga memakai digital channel dengan membagikan flayer. Untuk meningkatkan jumlah konsumennya, Unyu juga menjalin hubungan kerja dengan komune penggemar komik bernama wuk-wuk.

Sadar apabila mem-branding product bisnis konten kreatif tak gampang, Unyu menjalin hubungan kerja dengan Telkomsel untuk mensupport sistem marketing. Ke depan, Unyu merencanakan untuk menjalin hubungan kerja dengan perusahaan operator telekomunikasi yang lain.

Asal tahu saja, hubungan kerja pada Unyu dengan operator Telkomsel ini telah jalan seputar satu tahun. Terkecuali mensupport marketing, Unyu juga berkerjasama untuk tarif service pesan singkat spesial konsumen hp biasa.

Hubungan kerja ini dikerjakan dalam bentuk bagi hasil 70% untuk Telkomsel serta 30% untuk Unyu. Satu pesan yang di kirim lewat aplikasi ini bakal dikenakan ongkos Rp 150 per pesannya. Keuntungan yang lain yang diperoleh Unyu yaitu pembelian karakter spesial.

Untuk yang ini jumlah bagi hasil lumayan besar, yakni 50% : 50%. Sebatas info, Unyu juga sediakan beberapa karakter yang dikunci serta konsumen mesti membelinya seharga Rp 1.100 untuk tiap-tiap karakter yang disukainya itu.

Supaya tak merepotkan konsumen, semua sistem pembelian maupun pengiriman pesan dengan cara automatis bakal dikurangi dari saldo pulsa. Ke depan, Ananto merencanakan untuk selalu meningkatkan jumlah set karakter yang disukai anak muda Indonesia.

Ia akan menjalin hubungan kerja dengan bermacam branded asal luar negeri untuk mengembangkan bisnis konten kreatif ini dengan menaikkan koleksi karakternya. ” Kami memanglah menginginkan kelak bakal jadi pelaku bisnis konten kreatif yang menghasilkan aplikasi global yang dapat dipakai hingga di Asia, ” tuturnya.

Banyak dicari:

konten kreatif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top